Senin, 27 Mei 2013

Arti Singkatan Dokter Spesialis


oleh: Hari Untung Maulana


(Link Download ada di bawah)

Ketika saya ajak murid-murid saya untuk membaca koran dan mendiskusikan isi berita, murid-murid saya kerap bertanya singkatan-singkatan yang terdapat di koran. Salah satunya adalah singkatan spesialisasi kedokteran.
Saya akhirnya cari di internet, dapet sih dari Om Wiki, tetapi cuma singkatan dan kepanjangannya saja. Padahal, anak-anak juga menanyakan maksudnya apa? (ampun deh guru bahasa Indonesia… harus tahu semuanya)
Cari-cari ke situs lain, sama aja… Cuma singkatan dan kepanjangannya.
Akhirnya, bermodal singkatan dan kepanjangan yang dari Om Wiki, saya tanyakan ke Eyang Gugel… Yah sedikit hasil susunan saya saya posting hari ini. Semoga bermanfaat.


Sp.A – Spesialis Anak
Ternyata banyak lho cabang dari spesialisi anak. Misalnya spesialis perinatologi yang menangani bayi baru lahir yang bermasalah. Ada juga spesialisasi yang menangani alergi dan kekebalan tubuh serta spesiaslisasi yang menangani infeksi. Itu sakadar contoh, tentu masih ada yang lain

Sp.An – Spesialis Anastesi
Pembiusan, biasanya sih dilakukan sebelum pelaksanaan tindakan bedah atau operasi. Ternyata yang membius pasien operasi sebisa mungkin harus Spesialis Anestesi lho

Sp.And – Spesialis Andrologi
Berasal dari bahasa Yunani andros (laki-laki) dan logi (ilmu) yaitu Dokter yang menangani masalah kesehatan pria, biasanya sih yang berhubungan dengan reproduksi dan sistem kemih pria. Lawan dari andrologi adalah ginekologi (wanita).

Sp.B – Spesialis Bedah
Urusan bongkar-membongkar tubuh, harus diserahkan pada ahlinya, dokter spesialis bedah. Spesialis bedah sendiri ternyata masih ada bagiannya, antara lain bedah tulang, bedah umum, dan bedah urologi (saluran kencing lelaki dan perempuan)
<!--more-->
Sp.BA – Spesialis Bedah Anak
Ini adalah dokter bedahnya anak

Sp.BTKV – Spesialis Bedah Toraks Kardiovaskuler
Dokter yang menangani bedah Toraks (dada) dan Kasdiovaskuler (jantung)


Sp.BM – Spesialis Bedah Mulut (dokter gigi)
Saya pernah nih berhubungan dengan spesialis ini… waktu itu buka gusi. Jadi ada gigi saya yang diusia 33 tahun masih diselimuti gusi. Gigi yang geraham. Karena gusinya kegigit terus kalau makan, jadi harus diambil tindakan buka gusi.

Sp.BP – Spesialis Bedah Plastik
Bukan berarti membedahnya pakai alat plastik atau bahan plastik tetapi berasal kata bahasa Yunani platikos yang berarti membentuk.

Sp.BS – Spesialis Bedah Syaraf
Kerjaannya adalah pencegahan, mendiagnosis, dan perawatan terhadap apapun gangguan yang mungkin akan memengaruhi system saraf keseluruhan. Termasuk otak lho, tulang belakang juga, semua deh pokoknya.

Sp.F – Spesialis Kedokteran Forensik
Keren nih, bidang kedokteran yang memang berhubungan dengan kebutuhan penyelidikan. Misalnya, memperkirakan sebab musabab kematian korban pembunuhan atau penyelidikan luka tembak. Yang ngotopsi mayat untuk dicari dia diracun atau tidak… Ya dokter forensic ini.

Sp.FK – Spesialis Farmakologi Klinik
Farmakologi Klinik yang mengkhususkan diri dalam mengkaji dan menerapkan pemakaian obat secara tepat pada pasien.

Sp.JP – Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah
Sudah jelas kali ya… pokoke, kalau Anda merasa jantung Anda deg-degan bisa jadi Anda butuh Spesialis Jantung.


Sp.KG – Spesialis Konservasi Gigi (dokter gigi)
Namanya aja konservasi yang artinya perlindungan atau pelestarian, jadi bidang kerjanya adalh melindungi dan merawat (termasuk penambalan dan perawatan urat saraf gigi)
Sp.KGA- Spesialis Kedokteran Gigi Anak (dokter gigi)
Buat para bocah

Sp.KJ – Spesialis Kedokteran Jiwa atau Psikiater
Psikiater dengan Psikolog beda lho… Tanya aja eyang gugel

Sp.KK – Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin
Kurap, Eksim, Raja Singa, Herpes, semua masuk ke klinik ini… Jangan malu berobat… dari pada gak sembuh-sembuh… nyiksa.

Sp.KN – Spesialis Kedokteran Nuklir
Bukan dokter yang ngobatain instalasi nuklir. Tetapi, dokter yang memanfaatkan radiasi nuklir untuk mendiaknosa dan mengobati penyakit. Radiasinya yang dimanfaatkan berdasarkan perhitungan lho.

Sp.KO – Spesialis Kedokteran Olahraga
Salah dua pekerjaannya adalah membuat program-program latihan untuk individu yang kondisi badannya sehat dan juga membuat program, latihan untuk individu-individu yang sedang sakit tapi tidak menular, misalnya program latihan sehat untuk penderita obesitas, kelainan jantung, osteoporosis, diabetes, dll.

Sp.M – Spesialis Mata
Apapun deh yang berhubungan dengan mata… Mata kelilipan terus jadi bengkak… kesini. Glaukoma dan katarak ke sini juga.

Sp.MK – Spesialis Mikrobiologi Klinik
Mikrobiologi klinik adalah suatu cabang ilmu kedokteran medik yang memanfaatkan kompetensi di bidang kedokteran umum dan mikrobiologi kedokteran untuk bersama-sama klinisi melaksanakan tindakan surveilans (memantau distribusi penyakit), pencegahan dan pengobatan penyakit infeksi, serta secara aktif melaksanakan tindakan pengendalian infeksi di lingkungan rumah sakit, fasilitas pelayanan kesehatan lain maupun masyarakat. (sumber: Merry Wahyuningsih – detikHealth. Sabtu, 03/07/2010/ dikutip tanggal 26 Mei 2013))

Sp.Ort – Spesialis Orthodonti (dokter gigi)
Ortho bersal dari bahasa yunani yang artinya lurus (straight) atau benar (correct),sedangkan donti artinya gigi. Garapannya dokter gigi Orthodonti misalnya, pemasangan kawat gigi, perbaikan rahang, kecantikan gigi, meratakan gigi, kesulitan mengunyah karena gigi belakang tidak ketemu. dll

Sp.OG – Spesialis Obstetri & Ginekologi
Ginekologi berasal dari kata Gynaecology yang artinya adalah ilmu tentang wanita. Berasal dari kata gyno/gynaikos (perempuan) dan logos (ilmu). Ginekolog sendiri menangani kasus-kasus misalnya gangguan menstruasi, penyakit radang panggul, perdarahan uterus abnormal,keputihan, mioma uteri, endometriosis, bartolinitis, tumor ovarium neoplastik jinak, menopause, dan infertilitas. Apaan aja tuh maksudnya… monggo tanyakan Eyang Gugel.

Sp.Ok – Spesialis Kedokteran Okupasi
Okupasi berasal dari kata occupation, yang artinya pekerjaan. Yang dimaksud pekerjaan di sini tak hanya meliputi profesi, tetapi juga seluruh aktivitas diri seperti kegiatan hobi dan perawatan diri (self-care).
Dokter okupasi sangat peduli terhadap keselamatan kerja, baik indoor maupun out door.

Sp.Onk.Rad – Spesialis Onkologi Radiasi
Dokter onkologi disebut onkolog. Berasal dari kata bahasa Yunani onkos yang artinya massa atau tumor dan logy yang artinya ilmu yang mempelajari. Onkologi radiasi berkutat pada penyembuhan kanker dengan radiasi dengan proses disebut radioterapi. Sedangkan yang dengan kemoterapi, itu gaweannya Onkologi medis.

Sp.OT – Spesialis Bedah Orthopaedi dan Traumatologi
Orthopaedi berasal dari bahasa Yunani yaitu kata orthos yang berarti lurus dan paedion/pasi yang artinya adalah anak. Nah lho, kok anak? Karena pada masa itu, praktik mencegah dan memperbaiki kelainan bentuk dilakukan saat usia anak. Namun, sekarang orthopaedi tidak melulu pada anak lho.
Traumatologi berasal dari kata trauma dan logos. trauma adalah kekerasan terhadap jaringan yang masih hidup, sedangkan logos adalah ilmu yang mempelajari.

Sp.P – Spesialis Paru (Pulmonologi)
Berasal dari kata pulmo yang artinya paru. Jadi kalau Anda sesak napas, TBC, asma, maka dokter spesialisnya ya yang ini.

Sp.Perio – Spesialis Periodonsia (jaringan gusi dan penyangga gigi)
Dokter yang satu ini mengurusi macamnya gusi, gigi berdarah, gusi yang mencelat dari tempatnya, dll

Sp.PA – Spesialis Patologi Anatomi
Patologi berasal dari kata Pato yaitu Penyakit atau Kelainan, dan Logi yaitu Ilmu. Sehingga definisi dari Patologi adalah Ilmu yang mempelajari penyakit/studi mengenai penyakit. Dalam arti luasnya, Patologi adalah salah satu disiplin kedokteran yang mempelajari analisis cairan tubuh dan jaringan untuk melakukan diagnostik dan dengan pengajaran serta riset yang berkaitan dengan aspek dasar penyakit. Hal apa yang dapat disebut sebagai penyakit? Sesuatu yang mengakibatkan adanya perubahan secara struktural dan fungsional dalam tubuh yang dinilai abnormal.
http://andinimaniar.blogspot.com [dikutip tanggal 26 Mei]
Anatomi (berasal dari bahasa Yunani anatomia, dari anatemnein, yang berarti memotong) adalah cabang dari biologi yang berhubungan dengan struktur dan organisasi dari makhluk hidup.
Jadi patologi anatomi adalah… monggo disimpulkan sendiri… J

Sp.Pd – Spesialis Penyakit Dalam
Dokter penyakit dalam atau yang biasa disebut internis, mengurusi hal yang berkaitan dengan diagnosis dan penanganan oragan dalam tubuh tetapi tanpa bedah. Organ apa saja? Misalnya ginjal, jantung, bahkan sampai hormon, darah, dan penyakit menular.

Sp.PK – Spesialis Patologi Klinik
Saudaraan sama patologi anatomi, namun yang satu ini focus pada diagnosis, pemulihan, dan pencegahan berbagai jenis penyakit

Sp.PM – Spesialis Penyakit Mulut (dokter gigi)
Dokter ini menangani penyakit-penyakit yang diderita mulu seperti sariawan, rasa sakit, terbakar, terdapatnya bercak-bercak berwarna selain warna normal mulut, tumor, keropeng, dan lain sebagainya.


Sp.Pros – Spesialis Prosthodonsia (pembuatan protesa atau gigi palsu) (dokter gigi)
Prosthodonsia mempelajari tentang  bagamana mengembalikan kesehatan gigi dan mempertahankannya, mengembalikan kepercayaan diri penderita dan kesehatannya dengan cara mengganti gigiyang hilang dan jaringan lainnya dengan material buatan. [sumber: http://www.fkg.unair.ac.id]

Sp.Rad – Spesialis Radiologi
Pernah di ronsen kan? Nah, dokter yang ngasih penilaian tentang hasil ronsen kita itu lah Pak Dokter Spesialis Radiologi. Beliau yang membaca klise hasil ronsen yang warnanya hitam itu… bisa dicetak gak ya? Berwarna ukuran 3R?

Sp.RM – Spesialis Rehabilitasi Medik
Dokter ini menangani perbaikan medik untuk semua jenjang usia. Dari anak sampai lansia. Tujuannya untuk mencegah terjadinya kecacatan dan mengembalikan kemampuan penderita seoptimal mungkin sesuai kemampuan yang ada.

Sp.S – Spesialis Saraf atau Neurolog
Dokter neurologi disebut neurology, biasanya sih menangani pasien dewasa. Unutk anak-anak yang menangani adalah neurology pediatric bagian dari ilmu pediatric (ilmu kesehatan anak)
Kalau Anda merasa sakit kepala atau migrain, epilepsi, Alzheimer, Parkinson, sulit tidur, atau yang kira-kira berhubungan dengan saraf… Nah silakan berkonsultasi dengan dokter spesialis ini.

Sp.THT-KL – Spesialis Telinga Hidung Tenggorok-Bedah Kepala Leher
Kalau Anda lagi ngurek-ngurek kotoran kuping kemudian kapas cotton budnya tertinggal… Jangan ambil tindakan apapun, jangan panic, jangan malah dicoba untuk mengeluarkan sendiri, segera hubungi dokter THT.

Sp.U – Spesialis Urologi
Urologi berasal dari kata uro=urine=kencing dan logos=ilmu.
Kalau Anda mempunyai keluhan seperti warna air seni yang tidak jernih tetapi keruh, sakit ketika buang air kencing, pernah kencing yang keluar butiran-butiran seperti pasir. Jangan tunda lagi, segera hubungi dokter spesialis Urologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah memberi masukan