Senin, 02 Maret 2015

Tips Wawancara Kerja

(LINK DOWNLOAD ADA DI BAWAH)

Mungkin sudah banyak yang membahas materi ini...
yah, ini sekadar share dari pengalaman sendiri... untuk melengkapi yang sudah buanyak ituh..


1. Penampilan

Pakai kemeja lengan panjang dengan warna yang soft, celana bahan warna gelap (hitam atau bidong). untuk yang cewek pakai blazer, rok panjang, dan kemeja. Selain terkesan profesional, pakaian sederhana juga tidak menyulitkan bergerak.

Pakaian kantor yang simpel, jangan mengenakan rok mini, dan pakaian ketat. Percaya deh... makin kesini trend perusahaan adalah mencari pegawai yang dandanannya enggak ketat.


Hindari pakaian bertumpuk misalnya kemeja lengan panjang ditumpuk rompi ditumpuk dasi ditumpuk jas. Jangan terkesan mewah dan metroseksual. apalagi kalau sampai terkesan lebih WOW dari yang wawancara.

Jangan pakai jaket kulit, lepaskan topi, hindari perhiasan berikut: kalung yang terlihat, cincin akik, gelang akar bahar, gelang tasbih intinya, simpan dahulu semua perhiasanmu,

Jangan gunakan parfum berlebihan, kurangi minyak rambut yang bakal bikin netes-netes kalau Anda berkeringat.


Sepatu harus sudah disemir, kaos kaki yang polos saja. (tetap kenakan kaos kaki jika tempat wawancara mengharuskan Anda melepas sepatu), yang perempuan, sepatunya lebih baik yang hak-nya datar.

Jika mengenakan dasi, pastikan Anda menggunakan pengait dasi agar dasi tetap rapi tidak menceng ke sana - ke sini.

Kalau Anda calon guru yang akan tes microteaching, sebaiknya jangan membawa tas ransel, karena kemeja Anda akan lecek. Kalau tidak bawa mobil sendiri, bawa saja baju salin. Ganti sebelum tes.


Jika berjilbab, gunakan sewajarnya jangan diplintir-plintir seperti yang mau kondangan.

Pastikan kacamata Anda sudah dibersihkan, jangan sampai terlihat bekas sidik jari, air, atau minyak

Kuku dan rambut sudah dipotong rapi dan bersih.Kalau rambut Anda panjang... dikuncir rapi (cewek), dipotong (cowok)

Demi penampilan prima, jangan malu meminta pendapat orang lain di rumah sebelum berangkat ke tempat tes

Pakai ikat pinggang sederhana, jangan yang gespernya besar. Simpan di tas tempat hape atau tempat kacamata yang biasa Anda taruh di ikat pinggang


2. HaPe
Untuk fokus menghadapi tes pekerjaan, sebaiknya kondisikan hape mati atau yah setidaknya silent dan getar. Bakal enggak asyik kalau Anda sedang asyik-asyiknya promosi diri, tahu-tahu ringtone hape meraung-raung.

Jangan menjawab telepon atau sms saat tes pekerjaan. Kalau perlu broadcast dulu ke teman-teman tuk enggak ganggu dan minta doa.

Jangan simpan hape di saku celana yang bakal kelihatan menonjol di paha kamu

Jangan juga simpan hape di saku belakang, kalau duduk Anda tidak pas, maka bakal menduduki hape dan itu bikin tidak nyaman

Jangan letakkan hape di meja tempat Anda wawancara.

Udah deh... simpan aja dulu di tas.


3. Status Facebook, Twitter, dll.
Hari gini, banyak perusahaan yang langsung masukkan nama pelamarnya di mesin pencari facebook. teliti...teliti...teliti...
Dari situ bakal keliatan seberapa banyak teman kamu, apa saja postingan kamu, grup-grup facebook yang kamu ikuti, buku-buku yang kamu baca...dll.

Ada cerita....
Sebuah perusahaan hanya membutuhkan satu orang saja untuk mengisi jabatan yang lowong.
ternyata, sampai akhir tes, ada dua orang yang memiliki skor sama.
Akhirnya, mereka meneliti facebook kedua pelamar.
Apa yang terjadi. Pria A selalu menulis status yang membosankan, kasar, sarkastik, dikit-dikit ngomel, tontonannya porno...
Pria B selalu menulis status-status motivasi, semangat, cerita-cerita lucu dan menyenangkan...
Kalau Anda tim HRD.... Anda pasti paham mana yang akan Anda pilih.

Selain status facebook atau twitter....
Ada juga tim HRD yang memasukkan nama Anda atau nama panggilan Anda ke mesin pencari google, yahoo, Bing, dll dll ...
dari situ akan keluar tautan tentang diri Anda... komentar-komentar Anda di majalah atau koran online, blog Anda yang sudah mati, atau video-video yang Anda unggah di youtube.

JADIIII...
sebelum kamu memutuskan untuk ngirim lamaran... mending, bersih-bersih akun dulu deh...


4. Survey Lokasi
Sehari atau dua hari sebelum tanggal tes... Anda harus survey lokasi, untuk memastikan jalur yang akan Anda lalui aman dan tanpa masalah.

Anda bisa memperkirakan pukul berapa Anda sebaiknya berangkat ke tempat tes, naik apa sebaiknya, dan lewat jalan mana yang lebih singkat.

Anda juga bisa mengetahui di lantai berapa, blok apa, pintu yang mana, gerbang yang mana... jika Anda survey sebelumnya.

Usahakan juga cari profil perusahaan di internet. Siapa pemiliknya, bergerak di bidang apa saja (siapa tahu lebih dari satu), pernah ada kasus tidak, dll.


5. Tahan memberi masukan
Setelah Anda sampai di lokasi, ternyata Anda menemukan beberapa celah kekurangan dari perusahaan. Anda bisa putuskan saat itu juga, lanjut atau udahan.

Jika Anda memutuskan untuk lanjut dan yakin bisa memperbaiki kekurangan tersebut, lanjutkan dan laksanakan setelah Anda diterima. Jangan Memberi Saran Apapun.

Ingat, Anda orang asing. Anda tidak tahu siapa yang Anda hadapi. Banyak orang yang tidak bisa menerima kritik dari orang asing.

Misalnya, Anda calon guru baru. Melihat ada beberapa siswa yang dihukum oleh seorang guru untuk berlari keliling lapangan, Oke... menurut Anda itu berlebihan dan menyiksa, Tapi sangat fatal, jika pendapat Anda tersebut Anda sampaikan pada tim pewawancara.

"Pak, tadi saya lihat ada anak yang disuruh lari keliling lapangan, menurut saya itu tidak mendidik Pak, selain tidak menyelesaikan masalah, lari seperti itu akan menguras tenaga dan bisa menyebabkan pingsan atau dehidrasi."

Pendapat Anda bagus... tapi tidak tepat jika disampaikan saat Anda masih jadi orang asing. Anda tentu tidak tahu, jika hukuman itu ternyata diberikan oleh orang yang mewawancarai Anda, Anda tidak tahu kalau hukuman tersebut sudah tertuang dalam aturan di sekolah, Anda tidak tahu jika Anak yang dihukum tersebut sudah siap menjalani hukuman karena sudah 10 kali melakukan pelanggaran serupa.

LINK DOWNLOAD

http://downloads.ziddu.com/download/25272474/Tips_Wawancara_Kerja.docx.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah memberi masukan