Jumat, 12 Juli 2013

Naskah Stand Up Comedy: Kelahiran

Karya: Hari Untung Maulana

(LINK DOWNLOAD ADA DI BAWAH)

Berbicara mengenai kelahiran...
Tidak bisa kita hilangkan beban berat yang harus ditanggung oleh sang bunda...
Bayangkan kalau kita sebagai kaum pria yang harus melahirkan...
Jiaaahhh... dari maneeee? lubangnye kekecilaaannnn.... ntar yang keluar pentol korek lagi...

Bahkan ada bunda yang harus disesar untuk bisa melahirkan
udah gitu... kalau sudah disesar sekali... biasanya untuk berikutnya
dokter akan merekomendasikan untuk disesar lagi...
kalau boleh usul... waktu yang pertama enggak usah dijahit...
tapi diretsleting aja... biar berikutnya gampang tinggal 'srerek' gitu...
ngasal ye... maap ya bunda.

Kelahiran...
Antara hidup dan mati, begitu jabarnya...
seorang bunda akan mempertaruhkan nyawanya demi nyawa anaknya...
Makanya... perlakukan ibumu sebagaimana ibumu memperlakukanmu waktu engkau masih kecil...
"Waktu kecil saya pernah ditimpuk gayung gara-gara enggak mau mandi."
                                                                                           (Yang diinget yang bagus-bagusnye aje...)

Ketika sang buah hati telah memandang dunia...
                             "eh, anak manusia itu kalau lahir kayak kucing enggak sih? mereeeeemmm mulu..."
Betapa bahagianya sang Bunda... Anaknya yang telah dikandungnya selama 9 bulan telah lahir.
tetapi ada juga ternyata istilah baby blues... sebutan buat bayinya smurf dan bayinya avatar...
besok kalau Hulk punya anak... ada lagi istilah baby greens...

Saya punya pengalaman pribadi...
waktu itu, istri saya mau melahirkan... anak pertama... disesar.
dokternya tanya. "Bapak mau lihat jalannya operasi"
dengan semangat saya bilang,  "mau... mau..."
"Oke, pake dulu baju ini."
                             (saya dikasih baju kayak dokter yang mau ngoperasi... lengkap sama topi, sarung tangan, dan masker).
setelah saya pake... dokterya bilang, "tunggu dulu ya Pak di sini..." (di luar ruang operasi)...
saya sudah rapi kayak dokter... duduk... banyak orang lalu lalang... ngeliatin saya... soalnye tu ruang operasi memang di luarnya langsung koridor.
hampir 15 menit saya menunggu... tiba-tiba... "OOOeeeeeee" (bener gak sih begitu suara bayi lahir?!?)
Tau-tau dokternya keluar...
"Lho... bapak masih di sini, saya lupa nyuruh masuk..."
Ampun dah.

LINK DOWNLOAD
http://downloads.ziddu.com/download/25275181/kelahiran.docx.html

Naskah Stand Up Comedy: Pernikahan

Karya: Hari Untung Maulana

(LINK DOWNLOAD ADA DI BAWAH)

Assalamu 'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh...

Pernikahan adalah sesuatu yang sakral
bukan hanya sekadar bertemunya 2 insan lain jenis (masih manusia lho)
tetapi juga sebuah usaha menyatukan dua keluarga
kedua keluarga harus setuju


Saya ketemu istri saya... nikah
kedua orang tua kita, setuju...

Toge sama kelapa ketemu... orang tua setuju... jadinya lambang pramuka
Ular sama gelas ketemu... orang tua setuju... jadinya lambang apotek
tapi monyet sama anjing, ketemu... gak bakal jadi...
kenapa?
karena orang tuanya enggak setuju.

Mencari istri seharusnya apa adanya
jangan karena ada apanya... atau bahkan karena ada apa-apa.
alhamdulillah istri saya apa-apa ada.

Sebelum acara dimulai, biasanya kalau di etnis Betawi ada tradisi Palang Pintu
itu tuh, yang dua jagoan pada bekelahi.
jagoan dari calon pengantin lelaki dan jagoan dari pengantin perempuan
Kalau jagoan dari lelaki menang, maka boleh melanjutkan acara
masalahnya, kalau jagoan dari cowoknya kalah, gimana dong... masak diundur?
Berarti besok kita bawa pendekar yang punya padepokan pencak silat.

Kalau di etnis melayu lain lagi... berbalas pantun
pihak yang lelaki harus menang, nandingin pantunnya pihak perempuan

yang saya bingung, gimana kalau yang nikah, cowoknya dari Betawi dan ceweknya dari Melayu...
Yang cowok bawa pendekar sangar... yang cewek ngadepin pake pantun...
baru juga masuk baris sampiran...
                                                              "Berburu ke padang datar"

yang pendekar langsung, "JANGAN BANYAK OMONG!!!" jebret... jebret...jebret (peragakan orang mukulin)

Dalam khazanah Jawa, kita mengenal bibit, bebet, bobot...
bibit berarti kedua mempelai berasal dari keturunan yang baik... bibitnya baik, ditanem dimana? sehingga si toge bisa-bisanya jatuh cinta sama kelapa?

bebet berarti kemampuan mencari uang atau harta... sehingga akhirnya si Uler gak sanggup beliin berlian cuma bisa beliin gelas

dan bobot berarti kualitas dari kedua mempelai... biasanya sih melihat pendidikan,... sehinga akhirnya si monyet ditolak sama keluarga si anjing... soalnye si monyet enggak sekolah...

http://downloads.ziddu.com/download/25275182/pernikahan.docx.html

Rabu, 10 Juli 2013

Susunan Acara Tasyakuran Perpisahan Sekolah Edisi 2


Selamat Datang… Kepada Mereka yang Sukses.
Wisudawan Wisudawati dan Tamu Undangan.

Hadirin Yang Dirahmati Allah…
Pembawa acara kita….
Ketua OSIS SMA: Muhammad Ruhiyat Haririe dan
Ketua OSIS SMP: Rangga Gilang Ramadha….
==========================================================H & R Masuk
H & R     :      Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh
H            :      Yang kami hormati __________________ selaku ______________________
R            :      Yang kami hormati __________________ selaku _______________________
H            :      Yang kami hormati ________________ selaku _________________________
R            :      Yang kami hormati _______________ selaku _________________________
H            :      Yang kami hormati ________________ selaku _________________________
R            :      dan yang kami banggakan
H & R     :      Wisudawan-wisudawati SMP SMA Islam Nxxxx xxxri Boarding School

H            :      Untuk lebih mensyahdukan acara kita pagi ini, kita akan dengarkan dan hayati, lantunan kalam Illahi, sebagai tausiah kepada kita.
R            :      Kepada, Sahabat kita Ismail Haidar, dipersilakan
======================================================= Ismail Tilawah
R            :      (Masuk)
                     Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.
                    
================================= Haririe masuk (menyimak dan sesekali mengangguk)

R            :      Hai orang-orang beriman, apabila kamu Mengadakan pembicaraan khusus dengan Rasul hendaklah kamu mengeluarkan sedekah (kepada orang miskin) sebelum pembicaraan itu. yang demikian itu lebih baik bagimu dan lebih bersih; jika kamu tidak memperoleh (yang akan disedekahkan) Maka Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
H            :      Subhanallah…. Ini salah satu janji Allah pada kita, bahwa jika kita semangat dan serius menuntut ilmu, maka Allah akan meninggikan derajat kita di antara orang-orang di sekitar kita.
R            :      Aamiin…

============================= Laptop dan Musik Indonesia Raya dan Mars Sekolah  siap. Dirigen sudah di atas panggung ===========================================

H            :      Nah, Rangga, Salah satu cara untuk meninggikan derajat kita adalah, kita harus memiliki rasa nasionalisme yang tinggi
R            :      Betul, rasa cinta tanah air dan rasa siap berkorban demi negeri…
H            :      Mantap… sekarang, kita akan mengumandangkan Lagu Indonesia Raya dan Mars Nxxxx xxxri. Hadirin dipersilakan berdiri…

===============================================Indonesia Raya langsung Mars Nxxxx xxxri

H            :      Subhanallah… bergetar hati ini mendengar semangat membara dari para wisudawan  dan wisudawati menyanyikan Mars Nxxxx xxxri. (menyanyi) Kami santri Nxxxx xxxri.
R            :      Membangun peradaban.
H            :      Dengan kokohkan iman.
H & R     :      Tegak Islam nan jaya…
              :      Kami… menunggu hasil perjuangan seluruh alumni Nxxxx xxxri membangun peradaban baru… Peradaban Kejayaan Islam.

H            :      Berikutnya Ngga, kita akan dengarkan, sambutan dari Direktur Operasional Pesantren Ibnu Salam Nxxxx xxxri …
R            :      Kepada Ust. Idris Azhar, kami persilakan….

============================== H & R menyimak dan mencatat isi sambutan

H            :      (pantun)
                     Menyapa Allah sambil menangis
                     Teringat badan penuh dosa
                     Jazakallah Ust Idris
                     Atas sambutan dan nasihatnya
R            :      Kak, tahu gak kak? kenapa banyak pohon di Nxxxx xxxri yang ditebangin…
H            :      Lho, kan tadi sudah dijelaskan oleh ust Idris, karena memang kita membutuhkan lahan untuk pembangunan. semakin banyak santri berarti kelas dan asrama harus ditambah. jadi dengan sangat terpaksa, NXXXX XXXRI  harus membuka lahan dan akhirnya menebang pohon deh.
R            :      Kurang tepat…
H            :      Terus apa dong yang tepat?
R            :      Kenapa pohon di NXXXX XXXRI  banyak yang ditebangin? soalnya kalau dicabutin… beraaattt.
H            :      Pinteeeeerrrrrr… Udah ah… kembali ke tujuan kita berdiri di sini
R            :      Mari… bersama kita dengarkan sambutan Kepala Yayasan Ibnu Salam Nxxxx xxxri …
H            :      Kepada Ust. Syaurium Sy Khatib… waktu dan tempat disediakan.

============================== H & R menyimak dan mencatat isi sambutan

H            :      Jazakallah kepada Ust. Syaurium yang telah mengingatkan kita semua akan pentingnya berprestasi dan tetap dalam jalur Waj’alna Lil Muttaqina Imama.
R            :      Iya Kak, Ust Syaurium telah sukses lho membimbing putranya.. yang sekarang juga menjadi salah satu wisudawan berprestasi di NXXXX XXXRI BS
H            :      Oiya… Kak Syamil Imtiyazi…..
                     Kak Syamil sudah diterima di Fakultas Kedokteran lho… lewat jalur SNMPTN Undangan.
                     Hebat ya… berpresrasi dan siap jadi pemimpin umat.
R            :      Takbir… Allahu Akbar!!
================================================ Jeda suasana
H            :      Ngomong-ngomong Rang… Nxxxx xxxri  tidak bakal besar seperti sekarang jika tidak ada dukungan dari Banyak pihak, yang paling penting adalah dari Dinas Pendidikan Kabupaten Serang…
R            :      Betul Kak, Kita sering lho, langsung ditunjuk oleh Dinas Kabupaten untuk ikut lomba mewakili Kabupaten Serang…
H            :      Jadi, Dengan segala hormat kita harapkan Kepala Dinas Kabupaten Serang untuk bisa memberikan sambutan pada waktu yang membanggakan ini. Kepada Bapak _________________________ selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Serang, kami persilakan.

===================================== H & R menyimak dan mencatat isi sambutan

H            :      ______________________________________________________________
                     _______________________________________________________________
                     _______________________________________________________________
                     _______________________________________________________________
R            :      Jazakallah Khairon Katsiro, Terima kasih kepada Kepala Dinas Pendidikan yang telah memberikan nasihat dan pandangan beliau tentang pentingnya pendidikan.
H            :      Sekali lagi, kita beri aplaus yang meriah kepada Kepala Dinas Kabupaten Serang…. (ajak tepuk tangan.)
R            :      Takbir… !!
H            :      Nah Rang, selain Dinas Pendidikan, ada lagi nih sosok yang sangat amat berjasa banget sekali… yaitu, orang tua kita yang tersayang. Ayah dan Ibu, Umi dan Abi, Simbok dan Pak,e atau Romo dan Biyung.
R            :      Benar, Tepat, Mantap, saya setuju Kak… Sekarng kita dengarkan yuk, sambutan dari perwakilan orang tua.
H            :      Yang akan diwakili oleh Bapak ______________________ selaku orang tua dari Wisudawan ________________________

===================================== H & R menyimak dan mencatat isi sambutan

R            :      Sebagai orang tua, tentu semua yang hadir di sini bangga ya Kak..
H            :      Ohh jelas dong, teman saya aja, untuk bisa menyekolahkan dirinya… Orang tuanya sampai kerja banting tulang, tangan jadi kaki, kaki jadi tangan.
R            :      Gitu ya Kak..
H            :      Iya, Bapaknya kan kerja di sirkus.
R            :      Jiaaaahhhh…

H            :      Sekarang, Kita jajak pendapat Ngga, kita tanyakan ke wasudawan dan wisudawati, yuk… apa saja kesan dan pesan dari wisudawan?
R            :      Oke…
H            :      ke __________________________ Kak, kesan selama sekolah di NXXXX XXXRI  apa kak?
R            :      ke_________________________ Kak, ada masukan atau harapan untuk NXXXX XXXRI BS
H            :      ke________________________ Kak, apa yang akan kakak sampaikan untuk guru-guru dan NXXXX XXXRI BS (terima kasih)
R            :      ke____________________ Pesan buat teman-teman wisudawan dong Kak

H & R     :      Terima kasih ya kakak-kakak semua…
======================================  
R            :      Hmm Kak, hari ini, kabarnya kita kedatangan tamu special lho…
H            :      Siapa Ngga?
R            :      Pernah dengar gak kak tentang seorang ilmuwan yang menemukan alat pembasmi kanker otak dan kanker payudara…
H            :      Ooo… iya…iya… Orang Indonesia kan? Dr Warsito? Dulu Putra beliau pernah sekolah di NXXXX XXXRI  Lho…
R            :      Iya betul Kak… Prof. Dr. Warsito Purwo Taruno. Hari ini beliau telah hadir bersama kita di sini, akan memberikan orasi ilmiah kak..
H            :      Wah, kalau begitu, segera saja kita panggilkan…
H & R     :      Prof. Dr. Warsito Purwo Taruno…

======================================= H & R menyimak dan mencatat isi sambutan

H            :      (Masuk tanpa Rangga…) Rangga… Rangga… kemana ya si Rangga?
R            :      (Masuk tergesa)…Ada apa kak Haririe?
H            :      Dari mana Rang?
R            :      Ini, keasyikan mendengarkan orasi ilmiah Dr Warsito… saya lagi ngebayangin jadi penemu… Bisa membantu banyak orang, bermaNxxxx xxxri aat untuk masyarakat… wuih… keren.
H            :      Kamu tahu enggak Rang? Siapa penemu lampu yang pertama?
R            :      Oooo tahulah… dia pasti Thomas Alfa Edison…
H            :      Salah… bukan Thomas Alfa Edison…
R            :      Emang sih, saya pernah baca kalau Mas Edison bukan penemu lampu yang pertama… tapi siapa gitu…
H            :      Jadi, penemu lampu yang pertama adalah Alladin…
R            :      Jiiiiaaaaahhhh…gubrak. Terima kasih Pak Profesor…
H            :      Apalagi sekarang nih
R            :      Sekarang saatnya pengalungan medali… Kita panggil dahulu Kepala sekolah SMP, Usth Endah Utaminingtyas dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Usth Irmawati untuk ke atas panggung.
================================= Wisudawan sudah diminta berdiri di samping panggung==
Usai SMP dilanjutkan SMA … Haririe dan Rangga memanggil kembali kepala sekolah SMA.
==================================================doa
H            :      Alhamdulillah, usai sudah rangakaian acara tasyakuran SMP SMA Islam Nxxxx xxxri  hari ini.
R            :      Sebelum ditutup kita angkat kedua tangan kita, berdoa memohon keberkahan yang akan dipimpin oleh _________________________________, kepada beliau kami persilakan.

============================ doa=================== selesai
H            :      Semoga kita menjadi insan yang bertakwa dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin
                     Saya Muhammat Ruhiyat Haririe
R            :      Dan saya Rangga Gilang Ramadha…
H & R     :      PAMIT DIRI… Assalamu alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Susunan Acara Tasyakuran Perpisahan Sekolah Edisi 1


SUSUNAN  ACARA  TASYAKURAN  2012/2013
WAKTU ACARA PJ
- : Persiapan // Nasyid dari laptop
08.30 - 08.35 : MC // Pembukaan
08.35 - 08.45 : Tilawah
08.45 - 08.50 : MC // Pengalih --> Indonesia Raya dan Mars Sekolah
08.50 - 09.00 : Indonesa Raya & Mars Sekolah
09.00 - 09.05 : MC // Pengalih --> Sambutan Kepala Pesantren
09.05 - 09.35 : Sambutan Kepala Pesantren sekaligus Laporan dari Sekolah
09.35 - 09.40 MC // Pengalih --> Sambutan Kepala Yayasan
09.40 10.15 Sambutan Kepala Yayasan
10.15 - 10.20 MC // Pengalih --> Sambutan Diknas
10.20 - 10.45 Sambutan Diknas
10.45 - 10.50 : MC // Pengalih --> Sambutan perwakilan Ortu
10.50 - 11.15 : Sambutan Ortu
11.15 - 11.45 MC // Pengalih --> Khutbatul Wada
Khutbah Wada
- : Pengalungan Medali SMP dan SMA
- : DOA
- : Penutup
- : Shalat Zuhur
- : Sesi Foto-Foto

-------------------------------------------------------------------------+++---------------------

Di atas adalah susunan acara tasyakuran atau perpisahan sekolah yang paling resmi
(sama sekali tanpa acara hiburan).
Kekurangannya memang terasa membosankan.
sepanjang waktu hanya mendengarkan pidato

Tetapi, bagi sekolah yang siswanya berasal dari seluruh penjuru Indonesia
yang ortunya harus menginap dahulu di hotel terdekat...
atau harus naik pesawat dan harus mengejar waktu...
maka,
konsep resmi banget tersebut sangat di dukung oleh orang tua.

jika diperhatikan, maka acara dimulai pukul setengah sembilan pagi dan berakhir kira-kira pukul dua siang. termasuk sesi foto-foto

Jadi, bagaimana agar acara tidak membosankan...
kekuatannya ada di MC...
MC harus bisa menghidupkan suasana...

Contoh menghidupkan suasana bisa dibaca di edisi kedua

Kalimat Rancu: Indonesia rasa Jawa

Karya: Hari Untung Maulana

Kadang, bahasa daerah memiliki kata yang mirip dengan bahasa Indonesia, namun dengan arti yang berbeda. Atau sebaliknya...

Jadi, ketiak eh ketika seseorang berbahasa Jawa dan yang nanggepin berpikir dia memakai bahasa Indonesia... maka akan menimbulkan salah persepsi. Begitu juga sebaliknya...

Sehingga, dalam beberapa kasus, kesalahan tersebut malah meninbulkan kelucuan sehingga menimbulkan tertawa. Tidak ada sebaliknya...

contohnya:

Aku Tidak Mau Mandiri
Seorang narasumber seminar tentang emansipasi wanita, memintapara audien untuk dapat mandiri tidak bergantung pada pria.
"Ibu-ibu, Mis, Misis, dan Saudaraku sesama gender... kita semua harus MAAAANNNNDIIIRRIIIII!!!"
Tiba-tiba dari baris tengah berdiri seorang wanita dan berteriak panik

          "Aku tidak mau MANDIRIIIIIII....!!!" Ujarnya

Peserta saling pandang
pembicara                           : Kenapa Sisterku tidak mau mandiri?
peserta panik                      : Masak saya disuruh mandiri... mandiri itu kan sakit.. masak sih mandi pakai ri...
peserta lain                         : Oalah Mbakyu... mandiri itu bukan mandi pakai ri... tapi maksudnya, kita
                                            harus bisa mengerjakan segalanya sebisa mungkin tanpa merepotkan orang lain
peserta panik                      : Oooo, gitu tho...
temennya yang ngajak dia   : (tutup kuping ngurut dada... pura-pura enggak kenal)

Catatan: bahasa Jawa, ' ri ' artinya duri... mandiri diartikan si mbak panik sebagai mandi pakai duri.

Aku Kan Perempuan
Priiiitttttttttt.....pritttttttt.... woi...woi...mbah..mbah... sini...sini...
Seorang polisi lalu lintas menghampiri seorang simbah putri yang baru saya menyeberang jalan raya

Polisi            : Ya ampun Mbah...Mbah... Kok nyebrang sembarangan... Lha Mbah apa ndak lihat... itu ada
                       jembatan penyeberangan... kok enggak lewat situ... Hayo...
Mbah Putri   : Lho, saya kan cuma menjalankan anjuran pemerintah...
Polisi            : Anjuran yang mana? menyeberang sembarangan? ya ndak ada itu...
Mbah Putri   : Lha itu, di jembatan penyeberangannya ada spanduk tho... tulisane opo? "Kreteknya Lelaki"
                      Lha aku kan perempuan..
Polisi           : Ngurut dada (dada sendiri)

Catatan: Di jembatan itu ada spanduk sebuah produk rokok yang taglinenya "kreteknya lelaki". kata 'kretek' (baca: 'e' seperti bebek) dalam bahasa Indonesia berarti rokok yang dibubuhi cengkih. Sedangkan dalam bahasa Jawa, 'kretek' (baca 'e' nya seperti kesal) berarti jembatan. jadi secara bahasa Jawa, kreteknya lelaki berarti jembatannya lelaki.

Ketok Magic
Pelanggan:    Pak, kemarin mobil saya masuk ke sini... katanya ini ketok magic, tapi kok masih
                    benjol-benjol begini...
Petugas:       Haduh Pak, Bapak salah baca... ini bukan ketok magic.... ini ketok magic, jadi ya gur ketok
                    magic... ora magic tenanan...

Catatan: dalam bahasa Indonesia, 'ketok' (baca 'e' nya seperti kesal) berarti diketuk atau dipukul... Sedangkan dalam bahasa Jawa 'ketok' (baca 'e' nya seperti keset) berarti kelihatan. ketok magic berarti kelihatannya seperti magic.