Kamis, 23 November 2017

Pembacaan Puisi 'Surat dari Alam Arwah'

oleh: Hari Untung Maulana



Pembacaan puisi ini dapat dijadikan media pembelajaran pembacaan puisi
Bagaimana artikulasi, ekspresi, gesture, dan intonasi
Juga dapat dijadikan sebagai media mendengarkan puisi.

Pembacaan Puisi 'Sembahyang Rumputan'

oleh: Hari Untung Maulana



Pembacaan puisi ini dapat dijadikan media pembelajaran pembacaan puisi
Bagaimana artikulasi, ekspresi, gesture, dan intonasi
Juga dapat dijadikan sebagai media mendengarkan puisi.

Pembacaan Puisi 'Meski Paru-Parumu Hanya Satu Ya Jendral'

oleh: Hari Untung Maulana


Pembacaan puisi ini dapat dijadikan media pembelajaran pembacaan puisi
Bagaimana artikulasi, ekspresi, gesture, dan intonasi
Juga dapat dijadikan sebagai media mendengarkan puisi.

Selasa, 17 Oktober 2017

Kerangka Pidato

oleh: Hari Untung Maulana

Salah satu teknik berpidato yang kita kenal adalah impromtu

(jenis-jenis pidato yang lain klik : di sini )

Teknik ini menggunakan kerangka pidato yang ditulis pada selembar kertas kecil sebagai pegangan bagi orang yang berpidato

Keutamaan pidato tipe impromtu adalah:
1. Pembicara tidak perlu menyiapkan berlembar-lembar kertas beisi pidato yang akan dibawakannya.
2. Poin-poin yang ingin disampaikan sudah tercatat sehingga tidak ada yang tertingal
3. Urutan pembicaraan lebih tertata karena sudah tertulis dan dapat disampaikan sesuai rencana
3. Pembicara dapat menyesuaikan diri dengan situasi pendengar. Jika terlihat pendengar sudah dalam kondisi tidak tertarik, maka pembicara dapat mempercepat atau bahkan menyudahi

Kelemahannya adalah pidato ini hanya untuk pembicara yang benar-benar telah menguasai materi. Sehingga, cukup hanya dengan membaca inti pembicaraan yang tertulis di kerangka pidato, pembicara sudah dapat menjabarkan secara lebih terperinci dan lebih jelas.

Di kertas yang telah disiapkan, pembicara tidak hanya sekadar menuliskan kerangka pidato, namun dapat juga menambahkan hal-hal lain yang menjadi pelengkap isi pidato. Terutama catatan-catatan kecil yang perlu disampaikan. Misalnya, angka-angka, tanggal-tanggal, ayat-ayat kitab suci, nomor-nomor Surat Keputusan, dan lain-lain.

Di bawah ini beberapa contoh kerangka pidato yang dapat dikembangkan oleh Anda. Silakan menggunakan susunannya

A. Contoh Kerangka Pidato 1

Tema: Kebersihan

1. Pembuka
    (Ceritakan contoh tentang sebuah kota yang bersih dan bagaimana perawatannya)
    (Ceritakan ilustrasi cerita tentang pengalaman seseorang/pembicara yang berkaitan dengan kebersihan)

2. Isi

  • Pengertian kebersihan
  • Mengapa kita harus hidup bersih
  • Dimana saja kita harus hidup bersih
  • Apa manfaat kebersihan bagi diri kita
  • Apa akibatnya jika kita tidak menjaga kebersihan
  • Bagaimana cara membiasakan diri kita agar dapat hidup bersih
  • Sanksi hukum untuk menciptakan kebersihan yang ada di kota-kota di dunia
  • Perbandingan kebersihan masyarakat di berbagai negara maju dan berkembang

3. Penutup
    (Harapan pembicara agar pendengar dapat menerapkan hidup bersih dimanapun berada)


B. Contoh Kerangka Pidato 2

Tema: Sambutan pada Lomba Siswa

1. Pembuka (salam dan ucapan syukur)

2. Isi

  • Ucapan selamat datang dan terima kasih
  • Tujuan kegiatan
  • Pentingnya menjaga dan menjunjung sportivitas
  • permintaan maaf atas kekurangan yang mungkin terjadi

3. Penutup
    (Harapan agar pertandingan dan perlombaan berjalan dengan baik)

catatan: perbedaan pertandingan dan perlombaan, klik : di sini



C. Contoh Kerangka Pidato 3

Tema: Sambutan Tasyakuran Sekolah

1. Pembuka
    (Ucapan syukur)

2. Isi

  • Ucapan terima kasih
  • Penjelasan tentang lulusan (nilai tertinggi, prestasi-prestasi)
  • Harapan terhadap alumni
3. Penutup 

    Tujuan yang ingin dicapai dari lulusan sekolah



Rabu, 11 Oktober 2017

Kritik, Saran, Tanggapan, Komentar,

oleh: Hari Untung Maulana

Berdasarkan KBBI
============= kritik =========

kritik
  • n kecaman atau tanggapan, atau kupasan kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat, dan sebagainya
saran
  • n pendapat (usul, anjuran, cita-cita) yang dikemukakan untuk dipertimbangkan: untuk mengatasi masalah itu, anak-anak meminta -- dari gurunya
tanggapan
  1. n sambutan terhadap ucapan (kritik, komentar, dan sebagainya)
komentar
  1. n ulasan atau tanggapan atas berita, pidato, dan sebagainya (untuk menerangkan atau menjelaskan): kabar itu disertai -- dari redaksiia tidak memberikan -- apa-apa atas pidato tokoh partai itu
opini/pendapat
  1. n pikiran; anggapan: dalam negara demokrasi setiap orang bebas mengemukakan ~nya
  2. n buah pemikiran atau perkiraan tentang suatu hal (seperti orang atau peristiwa): apa ~mu tentang isi surat ini?menurut ~ saya, dialah yang benar
  3. n kesimpulan (sesudah mempertimbangkan, menyelidiki, dan sebagainya): begitulah ~ hakim setelah mendengar keberatan-keberatan yang dikemukakan oleh pembela

Jika membaca pengertian-pengertian kritik, saran, tanggapan, komentar, dan opini di atas dapat saya tarik kesimpulan

1. TANGGAPAN adalah segala sesuatu yang merupakan respon yang dikeluarkan oleh seseorang dari kritik, komentar, dan sebagainya yang disampaikan oleh orang lain

2. TANGGAPAN DAN KOMENTAR adalah sinonim (lihat pengertian komentar). Namun perbedaannya adalah jika tanggapan bersifat umum sedangkan komentar bersifat khusus.

tanggapan: menuliskan, menggelengan kepala, mengibaskan tangan, berbicara, mengangkat bahu
komentar: bertujuan untuk memberikan penjelasan atau menerangkan = lisan atau tulisan.
                 Tidak bisa kibasan tangan atau gelengan kepala disebut sebagai komentar yang bertujuan
                 memberikan penjelasan

3. OPINI = PIKIRAN = ANGGAPAN apa yang dihasilkan dari pemikiran atau perkiraan tentang suatu hal. Baca: Perkiraan. Sehingga opini bersifat sangat objektif, kira-kira, dan bisa dibantah.

KUIS MITRA SDSB

SUMBER: Majalah HumOr koleksi sendiri


Penyempurnaan Pola Pikir Pembelajaran Masa Kini

diolah kembali oleh: Hari Untung Maulana

1. Berawal dari pembelajaran berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa

2. Berawal dari komunikasi satu arah (guru) menjadi komunikasi interaktif (guru-siswa, siswa-guru, siswa-siswa)

3. Berawal dari isolasi (lingkungan sekitar menjadi lingkungan jejaring yang lebih luas cakupannya

4. Berawal dari siswa berlaku pasif menjadi siswa berlaku aktif dan menubuhkan sikap gemar menyelidiki untuk mencari kebenaran teori

5. Berawal dari contoh-contoh yang bersifat maya/abstrak/gambaran menjadi contoh-contoh  langsung yang bersifat konteks dunia nyata/konkret

6. Berawal dari pembelajaran individu menjadi pembelajaran berbasis
kelompok

7. Berawal dari perilaku yang umum/luas menjadi perilaku khas memberdayakan kaidah keterikatan antarsesama

8. Berawal dari stimulasi rasa tunggal menjadi stimulasi ke segala penjuru (rasa dari sudut pandang berbeda)

9. Berawal dari hubungan koordinasi satu arah (guru memberi perintah) menjadi hubungan koordinasi kooperatif (siswa dapat mengoreksi guru)

10. Berawal dari produksi massa dengan mempertimbangkan modal menjadi produksi massa dengan menyesuaikan kebutuhan pelanggan

11. Berawal dari usaha sadar (pencarian solusi) tunggal menjadi usaha sadar (pencarian solusi) yang bersifat jamak

12. Berawal dari fokus pada satu ilmu pengetahuan menjadi pengetahuan disiplin jamak (tematik)

13. Berawal dari kontrol terpusat (guru mengarahkan pengerjaan) menjadi otonomi dan kepercayaan (guru menyupervisi hasil kerjaan)

14. Berawal dari pemikiran faktual (apa yang dilihat) menjadi kritis (apa yang diketahui dari modalitas dirinya)

15. Berawal dari penyampaian pengetahuan (guru-siswa) menjadi pertukaran pengetahuan (siswa-siswa)

Rabu, 27 September 2017

Komplain Idphotobook

oleh: Hari Untung Maulana

Berawal dari dua kondisi yang saling memengaruhi

1. Foto sudah bejibun di hardisk internal dan eksternal
2. Seringnya melihat iklan idphotobook di facebook

Akhirnya saya tergoda untuk memesan photobook di IDPHOTOBOOK

Diawali dari chat via facebook, 12 Juli 2017 pukul 2:58 pagibuta

caranya sih gampang, tinggal ikutin insttruksi dan gak males baca

Akhirnya, gak tanggung-tanggung, saya pilih yang paket large
biar lebih banyak fotonya

Setelah proses yang melelahkan dalam memilih-milih foto dari yang jumlahnya ratusan hanya butuh 75 saja untuk yang paket large. Akhirnya terpilih 75 foto terbaik menurut saya.

segera saya krim via jotform yang sudah disediakan.

Ternyata, Anda harus siap dengan kuota ya... upload foto ke jotform butuh kuota lho.
tapi ternyata cepat dan mudah.

gak sampai sebulan... akhirnya tiba lah pesanan saya

dan saya kecewa

ini testimoni yang saya berikan via japri CS Idphotobook

barusan sudah ambil.... di satu sisi saya agak kurang puas, di satu halaman terlalu banyak space kosong, tapi di halaman lain ada yang sampai 9 foto jadi satu halaman sehingga tercetak terlalu kecil

karena penasaran, saya buka lagi idphotobook fp facebook. saya lihat memang bagus-bagus.

saya tidak menemukan satu foto yang dicetak full halaman seperti yang ada di FP

semua foto saya dicetak kotak.. tidak ada yang dibentuk lingkaran, curve, atau apapun. sehingga terlalu kotak dan kaku

6 foto yang dicetak ebrtumpuk 3 dibawa dan 3 di atas. Dengan menyisakan halaman kosong di bagian atas dan bawah terlihat kaku. sebaiknya dicetak bertumpuk, tersebar, dan jangan simetris. ada yang diagonal.

Tulisan. "Kesenangan bermula dari kebersamaan bersama orang-orang terdekat, terutama keluarga." dan "forever love.' yang berulang di tiap-tiap membuat monoton yang baca. ada bagusnya kalau tiap halaman quotnya berbeda-beda

di contoh yang ada di FP... banyak halaman yang full colour dengan bingkai menarik. dan itu tidak saya temukan dalam buku saya. hanya foto kotak tanpa bingkai

Setelah lama menunggu respon... sampai hari ini, 27 Sept 2017 tidak pernah dibalasnya chatingan sy di facebook idphotobook

TAPIIIIIII..... JANGAN SALAH...

Di antara hari itu dan dan hari ini

Sesungguhya saya sudah berhasil menjalin komunikasi dengan IDPHOTOBOOK via Whatsapp...

Sejak awal chat dengan CS lewat whatsapp, saya selalu dilayani dengan baik

Tapi, ketika saya komplain.... Mbak CS nya tidak mau melayani dan malah melempar saya untuk menghubungi bagian customer care.

dan ternyata...

Customer carenya bener-bener care.

Mau dan sabar membaca komplain saya di whatsapp yang panjangnya ngalahin argo dwipangga.

minta bukti foto dari komplain saya di atas. Dan akan meneliti dahulu apakah komplain saya termasuk yang perlu diganti ulang atau tidak.

dan akhirnya.

"Nanti akan dibuatin ulang kak, mohon ditunggu."

Akhirnya, ini lah hasilnya 


Yang sebelah kiri before yang kanan after... dari pada sekadar garis batang tiga biji. lebih berwarna dengan penambahan aksen pink.
<<<<<<<<<<<<<<<
 Tiga gambar yang sama dengan sentuhan yang berbeda. atas before bawa after. >>>>>>>>>>>>

 yang atas dua halaman dua foto yang bawah dua halaman tiga foto, tapi penyusunan yang agak berantakan itu menurut saya lebih keren daripada penyusunan yang atas... lurus dan menyisakan ruang kosong panjang di dua halaman
<<<<<<<<<<<<<<<<
 Yang before (atas) menyisakan banyak ruang kosong yang sebenarnya bisa diisi untuk foto agar lebih besar. Akhirnya, ada juga yang fullpage fotonya (after bawah)
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

 Awalnya 4 foto jadi satu halaman. disusun atas bawah dengan ruang kosong yang sisa banyak. Akhirnya 4 foto jadi dua halaman dengan penambahan sedikit warna dan gambar. Jadi beda banget kan?
<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<
Suka banget sama Good Time Pink-nya apalagi foto Finanya dicetak dalam lingkaran. beda kan sama yang atas. apalagi foto temen akrab istri yang susun tiga itu. sama-sama susun tiga... tapi yang after ditambah gambar-gambar lucu. ternyata jadi lebih menarik.
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
 Nah, yang atas itu 9 foto jadi satu halaman. Padet banget kan? Udah gitu sisa halamannya masih banyak pula. kan mubazir tuh... foto dicetak kecil-kecil tapi ruang kosongnya ngampar. Aih gak banget. Tapi itu kan sebelum diperbaiki. setelah diperbaiki... persentase ruang kosong dan foto menjadi lebih banyak jatah buat foto kan tuh...
<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<
Daripada background item yang nyeremin, masih mending pake background putih yang dipadukan dengan susunan foto yang agak amburadul. karena saya engga flat.

bisa dilihat kan? mana yang eye cathing dan yang kaku?
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>













Kesimpulannya...

1. IDPHOTOBOOK sebuah perusahaan percetakan photobook yang peduli terhadap kepuasan konsumen

2. IDPHOTOBOOK menjadi salah satu rekomendasi saya untuk teman-teman yang mau cetak photobook. Selanjutnya terserah Anda

3. IDPHOTOBOOK sangat welcome terhadap masukan konsumen.

4. IDPHOTOBOOK sangat royal ngasih hadiah. Kirain, ngirim yang kedua gak dapet hadiah... eh ternyata dapet lagi.. walau sama dengan hadiah yang pertama.

5. IDPHOTOBOOK berjasa memantik rasa penasaran saya terhadap dunia photobook. Saya jadi semangat belajar corel dan photoshop, membuat beberapa tamplate ala saya. Mencari percetakan di deket rumah yang bisa cetak buku ala photobook (alhamdulillah dapet) dan berniat membuktikan bahwa desain ala saya gak kalah dengan desain keren ala IDPHOTOBOOK

Rabu, 13 September 2017

Nama Nabi yang Diabadikan dalam KBBI

oleh: Hari Untung Maulana

Cek cek KBBI
coba-coba masukkan nama Muhammad Nabi Besar Umat Islam... eh ternyata ada...
akhirnya coba cek nama nabi yang lain...

begini hasil penelusurannya

ADAM : √
IDRIS
NUH : √
HUD
SOLEH : √ ditulisnya Saleh
IBRAHIM
LUTH
ISMAIL
ISHAQ
YAQUB
YUSUF
AYUB
SYUAIB
MUSA : √
HARUN 
ZULKIFLI
DAUD
SULAIMAN
ILYAS
ILYASA
YUNUS
ZAKARIA
YAHYA
ISA
MUHAMMAD : √

Hanya ada 5 Nabi yang namanya terdapat dalam KBBI
Nabi-nabi yang lain tidak ditemukan

Kamis, 17 Agustus 2017

Kreatif jadi Kreativitas

oleh: Hari Untung Maulana

murid-murid saya masih ada yang belum tahu rumus di bawah ini'

bahwa, semua kata yang berakhiran f, jika mendapat akhiran itas... maka, huruf  'f' nya berubah menjadi v

jadi.. kata 'kreatif' menjadi 'kreativitas'

yuk kita lihat contoh yang lain

aktif menjadi aktivitas

efektif menjadi efektivitas

produktif menjadi produktivitas

agresif menjadi agresivitas

absorptif menjadi absorptivitas

eksklusif menjadi eksklusivitas

bioaktif menjadi bioaktivitas

jika ada lagi... mohon ditambahkan

Dikoment Abi Ahmadun Yosi Herfanda


koment pertamax langsung dari si empunya puisi.

Rabu, 16 Agustus 2017

Nilai Imtaq dalam Pelajaran Bahasa Indonesia (3)

oleh: Hari Untung Maulana, M.Pd.

Bagian ketiga nih...

khusus untuk pesantren dan madrasah yaaa...

MATERI WAWANCARA

Ceritakan tentang wawancara yang ada dalam kisah-kisah islami:

a.       Wawancara antara malaikat munkar dan nankir di alam kubur

Inilah pertanyaan yang akan diberikan saat kita di alam barzah,


Tanya : Man Rabbuka? Siapa Tuhanmu ?
Jawab : Allahu Rabbi. Allah Tuhanku.

Tanya : Man Nabiyyuka? Siapa Nabimu ?
Jawab : Muhammadun Nabiyyi. Muhammad Nabiku

Tanya : Ma Dinuka? Apa agamamu ?
Jawab : Al-Islamu dini. Islam agamaku

Tanya : Man Imamuka? Siapa imammu ?
Jawab : Al-Qur'an Imami. Al-Qur'an Imamku

Tanya : Aina Qiblatuka? Di mana kiblatmu ?
Jawab : Al-Ka'batu Qiblati. Ka'bah Qiblatku

Tanya : Man Ikhwanuka? Siapa saudaramu ?
Jawab : Al-Muslimun Wal-Muslimat Ikhwani. Muslimin dan Muslimah saudaraku..

b.      Wawancara antara Sulaiman dengan burung hud-hud

lihat pada bagian nilai imtaq dalam pelajaran bahasa Indonesia bagian 1

c.      Pertanyaan Muhammad pada Iblis
Cari sendiri ya di internet.. banyak kok

MATERI DISKUSI

Allah memerintahkan kita untuk selalu bermusyawarah dalam segala perkara yang berpengaruh pada orang banyak.

Allah Ta'ala berfirman: 
"Dan permusyawaratkanlah dengan mereka - yakni dengan para sahabat - dalam sesuatu perkara." (ali-lmran: 159)

Allah Ta'ala berfirman pula:
"Dan perkara mereka itu dimusyawaratkan antara mereka, yakni mereka itu sama bermusyawarat dalam perkara tersebut." (as-Syura: 38)

MATERI MENYAMPAIKAN SANGGAHAN, USULAN, DAN PERSETUJUAN

Ketika berdiskusi, maka kita harus berlemah lembut dengan teman diskusi dan jika sudah diperoleh kebulatan kesepakatan... maka laksanakanlah dan bertawakallah pada Allah SWT

Ali Imran: 159. Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu Berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. karena itu ma'afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu [246]. kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, Maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.

[246] Maksudnya: urusan peperangan dan hal-hal duniawiyah lainnya, seperti urusan politik, ekonomi, kemasyarakatan dan lain-lainnya.

Nilai Imtaq dalam Pelajaran Bahasa Indonesia (2)

... lanjutan dari yang pertama

Catatan: Hanya untuk sekolah homogen islam.

oleh: Hari Untung Maulana, M.Pd.

MATERI MEMBACA DENAH

1. Segala perjalanan kita di dunia ini, selalu dalam rangka mencari keridhoan Allah

Al Baqarah ayat 115 : Dan kepunyaan Allah-lah timur dan barat, maka kemanapun kamu menghadap di situlah wajah Allah. Sesungguhnya Allah Maha Luas (rahmat-Nya) lagi Maha Mengetahui

2. Ajak bermain : Tunjukkanlah jalan menuju surga. Kumpulkan 13 amalan yang tersebar
klik di sini

MATERI TEKS PROSEDURAL (PETUNJUK MELAKUKAN SESUATU)

Ingatkan pada anak-anak kita, bahwa Alquran adalah sebaik-baiknya petunjuk

Alquran adalah kitab yang merupakan petunjuk-petunjuk dari Allah SWT. Kepada seluruh makhluknya agar mereka bertakwa

1.   As-Sajdah: 23. dan Sesungguhnya Kami telah berikan kepada Musa Al-Kitab (Taurat), Maka janganlah kamu (Muhammad) ragu menerima (Al-Quran itu) dan Kami jadikan Al-Kitab (Taurat) itu petunjuk bagi Bani Israil[1194].

[1194] Maksudnya: sebagaimana telah diberikan kepada Musa, Taurat, begitu juga diberikan kepada Muhammad Al-Quran. dan sebagaimana Taurat dijadikan petunjuk bagi Bani Israil, Maka dijadikan Al-Quran petunjuk bagi ummatmu.

2.   Al Qashash: 56. Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk.

Petunjuk yang terkandung dalam Alquran meliputi petunjuk yang ada dalam segala bidang kehidupan (Tunjukkan Alquran Syamil). Misalnya: Etika di masyakarat, Hukum, Bernegara, Kejadian Manusia, Pertanian, Hukum Waris, dsb. 

MATERI BERMAIN TEATER

Jelaskan hal-hal yang berkaitan dengan unsur-unsur pementasan
  1. Naskah :
-          Tidak boleh berisi pornografi atau dapat ditafsirkan oleh sutradara menjadi pornoaksi
-          Tidak berisi ajakan untuk kafir
-          Naskah yang baik tidak secara vulgar menggambarkan keburukan orang
-          Tidak menimbulkan fitnah
-          Tidak berisi cacian, makian, atau kata-kata kasar.
-          Tidak ada adegan ikhtilat dan bersentuhan antara laki-laki dan perempuan
-          Usahakan membuat naskah drama yang tokohnya satu gender. Karena perempuan hanya boleh tampil di depan kaumnya
-          dsb.

  1. Sutradara
-          Sutradara harus adil dalam membimbing para aktor
-          Mengarahkan aktor jika sudah tidak sesuai dengan akhlak islami
-          Tidak mengarahkan pemain untuk bersentuhan anatar laki-laki atau perempuan nonmuhrim

  1. Asisten sutradara
-          Membantu sutradara menerapkan nilai-nilai islami dalam pementasan

  1. Pemain
-          Menerima apa yang diarahkan oleh sutradara selama dalam koridor islam

  1. Penata rias
-          Tidak menyambung rambut
-          Tidak mendandani laki-laki seperti perempuan atau sebaliknya
-          Tidak merajah kulit tubuh

  1. Penata kostum
-          Tidak mendandani laki-laki seperti perempuan atau sebaliknya
-          Tidak boleh terbuka aurat: aurat laki-laki adalah dari pusar sampai lutut. Aurat perempuan adalah seluruh bagian tubuhnya, kecuali wajah dan kedua tangan
-          Pakaian tidak menimbulkan kesombongan
-          Laki-laki tidak boleh menggunakan sutra

  1. Penata panggung
-          Tidak ada patung / berhala di panggung
-          Tidak ada foto atau patung porno

  1. Penata gerak / tari
-          Tarian tidak memperlihatkan lekuk tubuh
-          Tidak mengandung erotisme
-      Tidak berkhalwat lelaki dan perempuan
-      Perempuan tidak pentas selain di depan kaumnya

  1. Penata lampu
-          Lampu tidak boleh didapat dari mencuri (J)

  1. Penata musik
-          Tidak menggunakan alat musik yang dilarang oleh Islam
-          Tidak ada penyanyi wanita ketika penontonnya ada yang laki-laki

  1. Panitia
-          Mencari dana untuk pertunjukan dengan cara yang halal

-          Pamflet dan leaflet yang disebar harus baik dan santun
-      Menempel pamflet di tempat yang halal dan diizinkan

Nilai Imtaq dalam Pelajaran Bahasa Indonesia (1)

oleh: Hari Untung Maulana

Seorang guru dituntut untuk dapat menyampaikan materi sesuai dengan kurikulum yang telah ditentukan.

Di samping hal itu, kewajiban yang pali utama dari seorang guru adalah mampu mengajak siswanya menjadi bagian dari orang-orang sholeh, cerdas, dan muslih.

Semoga kita dipertemukan dengan guru-guru kita dan siswa-siswa kita di dalam Jannah-Nya. Aamiin

Berikut sedikit rangkuman nilai-nilai imtaq yang dapat disampaikan di kelas:

CATATAN:
Kelas yang dimaksud adalah kelas khusus yang isinya siswa-siswa muslim (pesantren, madrasah)

MATERI BERITA

1.      Guru mencarikan rekaman berita bertema islami. Politik islami, dunia islam, dsb.

2.      Berita yang di dengar haruslah berita benar sebelum kita menyampaikannya kembali pada orang lain. An-Nuur: 15
15. (ingatlah) di waktu kamu menerima berita bohong itu dari mulut ke mulut dan kamu katakan dengan mulutmu apa yang tidak kamu ketahui sedikit juga, dan kamu menganggapnya suatu yang ringan saja. Padahal Dia pada sisi Allah adalah besar.

3.      Berita yang datang dari orang fasik, maka kita wajib meneliti kebenarannya. Al-Hujurat: 6
6. Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang Fasik membawa suatu berita, Maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu

4.      Klarifikasi berita dapat dilakukan dengan mendatangkan empat orang saksi. An-Nuur ayat 13:
13. mengapa mereka (yang menuduh itu) tidak mendatangkan empat orang saksi atas berita bohong itu? Olah karena mereka tidak mendatangkan saksi-saksi Maka mereka Itulah pada sisi Allah orang- orang yang dusta.

MATERI MELAPORKAN PERJALANAN


1.  Setiap perjalanan yang kita lakukan di atas muka bumi ini adalah sebuah perjalanan untuk mensyukuri nikmat dari Allah SWT.
Ali Imran: 191. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau, Maka peliharalah Kami dari siksa neraka. 

2. Kalimat Thoyibah.
Perintahkan siswa untuk menggunakan kata-kata seru Qur’ani dalam membuat laporan perjalanan. Misalnya: ‘Subhanallah’ (maha suci Allah) untuk menyatakan hal-hal yang merendahkan kesucian Allah. ‘Innalillahi wa inna ilaihi rajiun’ untuk menyatakan kesedihan (tertimpa bencana) atau ‘Masya Allah’ untuk menyatakan keheranan.

3. Selalu bersyukur saat memulai laporan perjalanan secara lisan
Selain itu, perintahkan siswa untuk menuliskan kalimat syukur di awal menulis laporan karena telah diberikan kenikmatan kepada Allah telah melakukan perjalanan yang orang lain belum tentu dapat melakukannya.

MATERI MENDENGARKAN LAPORAN PERJALANAN

Ketika kita mendengar laporan perjalanan tentu kita harus mendengarkannya dengan saksama dan kritis. Seperti Kisah Sulaiman yang mendengarkan laporan perjalanan burung hud-hud.

Ceritakan tentang burung Hud-hud yang memberikan laporan perjalanan ke Istana Ratu Balqis. An-Naml;
22. Maka tidak lama kemudian (datanglah hud-hud), lalu ia berkata: "Aku telah mengetahui sesuatu yang kamu belum mengetahuinya; dan kubawa kepadamu dari negeri Saba[1094] suatu berita penting yang diyakini.
23. Sesungguhnya aku menjumpai seorang wanita[1095] yang memerintah mereka, dan Dia dianugerahi segala sesuatu serta mempunyai singgasana yang besar.
24. aku mendapati Dia dan kaumnya menyembah matahari, selain Allah; dan syaitan telah menjadikan mereka memandang indah perbuatan-perbuatan mereka lalu menghalangi mereka dari jalan (Allah), sehingga mereka tidak dapat petunjuk,
25. agar mereka tidak menyembah Allah yang mengeluarkan apa yang terpendam di langit dan di bumi[1096] dan yang mengetahui apa yang kamu sembunyikan dan apa yang kamu nyatakan.
26. Allah, tiada Tuhan yang disembah kecuali Dia, Tuhan yang mempunyai 'Arsy yang besar".
27. berkata Sulaiman: "Akan Kami lihat, apa kamu benar, ataukah kamu Termasuk orang-orang yang berdusta.

[1094] Saba nama kerajaan di zaman dahulu, ibu kotanya Ma'rib yang letaknya dekat kota San'a ibu kota Yaman sekarang.
[1095] Yaitu ratu Balqis yang memerintah kerajaan Sabaiyah di zaman Nabi Sulaiman.
[1096] Umpamanya: menurunkan hujan dari langit,menumbuhkan tanam-tanaman, mengeluarkan logam dari bumi dan sebagainya.

HIKMAH:
1.      Jika memberikan laporan harus jujur. Hud-hud menyampaikan apa adanya.
Penerima laporan harus mengecek ulang laporannya sebelum menerima dengan yakin. Sulaiman mengecek kebenaran cerita burung hud-hud

Sabtu, 29 Juli 2017

Rasa hendak

oleh: Hari Untung Maulana, M.Pd.


luah/luat/loya/mual = rasa hendak muntah

lapar = rasa hendak makan

haus = rasa hendak minum

kantuk = rasa hendak tidur

PENASARAN DENGAN RASA HENDAK DI BAWAH INI

ADA GAK YA?

rasa hendak kencing

rasa hendak berak

rasa hendak marah

rasa hendak nangis

rasa hendak ... rasa hendak yang lain..

Senin, 24 Juli 2017

Sabtu, 15 Juli 2017

MOHON MAAF LAHIR BATIN

oleh: Hari Untung Maulana

Sahabat Hroen....
dengan segenap kerendahan hati

saya ucapkan

Mohon Maaf Lahir Batin

Taqabalallahu minna wa minkum

Semoga kita bisa dipertemukan kembali dengan Ramadhan tahun depan

dan semoga sebelas bulan ke depan... amal ibadah kita lebih baik dari sebelum Ramdhan tahun tahun ini.

Jumat, 16 Juni 2017

Tugas Dasar Wali Asrama

oleh: Hari Untung Maulana

Menjadi seorang wali asrama di sekolah berasrama, tentu harus memiliki skill khusus dan passion yang mendukung serta kemampuan menjiwai amanah sebagai pengganti orang tua.

Makin banyak siswa yang berada dalam pengawasan seorang wali asrama, maka makin banyak kepala yang harus kita pahami satu-satu karakteristiknya.

Ingat, pertanyaan dari orang tua.... "Anak saya bagaimana Pak?" akan selalu terlontar dari benak orang tua semua.

Memahami karakteristik anak di asrama menjadi standar minimal seorang wali asrama.

Hal yang harus dilakukan agar seorang wali asrama (atau guru) mampu memahami anaknya adalah:

1. Serius mau menghafal nama dan wajah
2. Ingat-ingat kebiasaan yang menjadi ciri khas si anak
3. Ingat-ingat momentum / peristiwa ketika wali asrama bertemu si anak
4. Ingat-ingat hobinya
5. Ingat-ingat ciri fisik yang khas pada diri si anak dan kaitkan dengan namanya

Untuk mempermudah kegiatan hafal menghafal di atas, seorang wali asrama dapat dibantu dengan

1. Menyebarkan angket penilaian diri sendiri
2. Bertanya pada guru wali kelas atau guru mapel
4. Menyebarkan angket penilaian dari teman
5. Melakukan pengamatan sekaligus menginventarisasi hal-hal yang bisa dilaporkan pada orang tua.

Mulai tahun ini, insya Allah saya menjadi wali asrama di Pesantren Nurul Fikri Boarding School Serang. Semoga lancar amanah barunya. Aamiin

Postingan selanjutkan akan sangat dekat dengan keasramaan.

Sapaan dalam Kultum, Khotbah, atau Pidato

oleh: Hari Untung Maulana

Barusan disuruh ngisi kultum abis tarawih... siangnya bikin-bikin naskah, akhirnya sih jadi... Nah, dalam naskah yang saya buat, terselip sapaan-sapaan hasil kreasi sendiri... gak banyak sih... tapi jadi penasaran bikin yang lainnya... coba aaaaah...

1. Semua sehat ya... kita doakan semoga yang sakit cepat mati... penyakitnya

2. Para hadirin yang semoga selalu dibenci setan (alih-alih disayang Allah)

3. Sahabat-sahabatku yang dirahmati Allah, semoga kita semua masuk dalam Jannah-Nya... Aamiin... Karena mereka yang masuk ke dalam surga Allah adalah mereka yang selalu bersyukur dan bersabar. Kalian bersyukur karena bersahabat dengan saya... dan saya bersabar karena bersahabat dengan kalian semua.

4. Kepada teman-teman mantan jomblo seperjuangan yang satu persatu meninggalkan saya setiap Syawal. Hari ini, kembali kita dihadapkan pada kursi pelaminan salah satu almamater kita...(sambutan di acara resepsi pernikahan teman)

5. Jika ada kata-kata yang salah datangnya dari saya... Jika ada kata kata yang benar datangnya dari Kamus Besar Bahasa Indonesia

6. Assalamu 'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh... Karena Allah cinta yang ganjil... maka salam saya ..... (jeda)... cukup satu saja.

7. Izinkan saya berdiri di sini untuk menyampaikan ratusan patah kata kepada para tetamu sekalian....

8. Teman-teman yang saya cintai dan yang mencintai saya...

Kamis, 08 Juni 2017

Kerancuan di sekitar kita

oleh: Hari Untung Maulana

Mungkin masih banyak diantara kita yang tidak menyadari, bahwa beberapa konstuksi bahasa yang kita hasilkan saat berkomunikasi menimbulkan kesalahan. Kesalahan ini disebut sebagai kerancuan atau kontaminasi.

Kerancuan sendiri pada dasarnya kerap tidak disadari oleh pengguna bahasa, apalagi yang memang tidak memahami bahasa sebagai sebuah sistem yang dibentuk berdasarkan aturan-aturan. Namun, ada juga pengguna bahasa yang sudah menyadari bahwa kata atau kalimat yang dikeluarkannya adalah salah, namun tetap digunakan karena berbagai alasan

Seorang guru bahasa Indonesia atau praktisi bahasa, mungkin akan mempertahankan kerancuan dalam ujarannya atau tulisannya, jika kerancuan tersebut sudah berlaku umum dalam masyarakat sekitar atau pada lingkungan setempat.

berikut di bawah ini beberapa contoh kerancuan yang kerap dilakukan dalam masyarakat kita.

1. syah dan sah
Kedua kata di atas memiliki kemiripan bunyi, kata syah berarti raja, sedangkan kata sah berarti resmi. Pada beberapa kesempatan, mislanya pada saat pernikahan. Orang-orang kerap menggunakan kata Syah untuk menunjukkan bahwa kedua mempelai telah resmi menjadi sepasa suami istri.

2. seterah dan terserah
Kata yang betul adalah terserah, namun dalam komunikasi sehari-hari, kita masih sering mendengar penggunaan kata seterah. Padahal, kata seterah tidak akan ditemukan maknanya dalam kamus

3. semakin hari
Kata semakin atau makin atau kian seharusnya diikuti oleh kata sifat. Misalnya, semakin dingin, semakin lama, semakin kuat, kian jauh, makin besar, dan lain-lain.

Kata semakin, makin, dan kian, tidak pernah diikuti dengan kata benda. Misalnya, semakin meja, semakin tahun, makin kucing, kian tanah.

Penggunaan kata semakin hari tampaknya merupakan sebuah kerancuan dari dua ungkapan yang berbeda
a. semakin lama
b. hari demi hari
keduanya tercampur sehingga membentuk ungkapan semakin hari

4. dan lain sebagainya
ungkapan ini juga perpaduan dari dua ungkapan
a. dan lain-lain
b. dan sebagainya

penggunaan 'dan lain sebagainya' perlu dihindari, karena bentukan 'dan lain-lain' dan 'dan sebagainya' memiliki makna yang berbeda.

'dan lain-lain' berfungsi untuk menyebutkan benda-benda yang tidak sejenis
contoh:
Untuk membuat rumah, ayah memerlukan pasir, semen, kayu, gergaji, dan lain-lain
Ibu memelihara ayam, kambing, kelinci, bebek, dan sebagainya (binatang ternak)

Sedangkan, 'dan sebagainya' untuk menyebutkan benda yang sejenis.
Contoh:

Binatang karnivora yang ada di kebun binatang kami adalah harimau, macan, serigala, dan sebagainya.
Buah yang dijual ibu adalah mangga, melon, jeruk, dan sebagainya.

Selasa, 16 Mei 2017

Permainan bahasa Indonesia: Susun Kalimat Sebab Akibat

oleh: Hari Untung Maulana

Permainan ini untuk lucu-lucuan saja

setelah guru mengajarkan materi tentang kalimat Sebab Akibat... biasanya guru kan meminta siswa untuk membuat contohnya.

misalnya

Karena Rudi tidak belajar dengan tertib maka Rudi tidak lulus kuliah

Minta siswa untuk membagi tulisan menjadi dua bagian...
bagian satu : karena...
bagian dua : maka...

sehingga menjadi
Karena Rudi tidak belajar dengan tertib
maka Rudi tidak lulus kuliah

Nah, guru pasti akan menunjuk beberapa siswa untuk menyampaikan kalimat buatannya... oke
setelah 3 siswa menjawab... nah buat lucu-lucuan... coba guru meminta siswa A untuk membaca bagian satu dan siswa B untuk memba bagian duanya.

Karena gak nyambung itulah yang akhirnya menimbulkan kelucuan.

Permainan ini dapat diterapkan pada kalimat
1. akibat sebab
2. generalisasi
3. analogi

Permainan bahasa Indonesia: Bom 5 Detik

oleh: Hari Untung Maulana

Siapkan siswa berdiri dengan posisi membuat lingkaran.

Siapkan sebuah bola

Guru meminta setiap siswa untuk menyebutkan satu hal yang berhubungan dengan tema.
penyebutan harus dalam tempo 5 detik. Jika lebih maka pemain dianggap gugur dan dikumpulkan jadi satu untuk menerima hukuman.

Setelah siswa membentuk lingkaran...
guru menyampaikan tema hari ini... misalnya temanya adalah 'penyair'

lalu guru melempar bola dan satu siswa harus menangkapnya...
siswa yang menangkap bola harus menyebutkan satu nama penyair dalam waktu 5 detik
setelah itu dia lemparkan kembali bola itu kepada pemain yang lain.

Tema yang dapat dijadikan tema permainan misalnya:
1. peribahasa
2. judul puisi
3. judul novel
4. kata baku
5. kata berimbuhan
6. dll.

Permainan bahasa Indonesia: Berapa M nya?

oleh: Hari Untung Maulana

Guru bahasa Indonesia sangat berpotensi untuk menjadi guru yang menyenangkan... Banyak permainan yang bisa kita terapkan di kelas kita.

Misalnya permainan berapa M nya

Caranya mudah... minta siswa untuk mendengarkan dengan saksama sebuah kisah pendek yang akan disampaikan oleh guru (jangan beri tahu dahulu tugasnya).

Lalu guru dengan pembacaan yang lancar namun jelas dan mudah ditangkap siswa, mulai menyampaikan ceritanya.

Setiap sore menjelang, Mukidi akan menggiring ternak-ternaknya kembali ke kandang. Mukidi sendiri akan mulai bersiap-siap untuk melaksanakan shalat Maghrib di mushola samping madrasah.

Guru boleh mengulangi ceritanya sampai 2 kali lagi.

Setelah guru menyampaikan ceritanya, Minta siswa untuk menebak, berapa jumlah huruf 'M' dari cerita tersebut.

jawabannya: 11 M

Catatan: Guru bisa membuat cerita yang lain dengan huru yang berbeda.

Rabu, 12 April 2017

Keinginanku

oleh: Hari Untung Maulana

Saat itu

Kuliah lagi tidak pernah terlintas dalam pikiran saya...
yang selalu terlintas dan pernah saya obrolkan dengan istri saya adalah...

Saya ingin sekali mencoba berbagai hal....

magang...

mencoba semua yang saya inginkan... untuk menambah pengetahuan saya tentang kebahasaan..

tiga bulan di tempat itu... tiga bulan di tempat ini... tiga bulan di tempat situ

Saya ingin sekali mencoba menjadi dubber... ikut-ikutan mengisi suara tokoh-tokoh kartun ... gak perlu dibayar yang penting diizinkan belajar, mencoba, dan mengetahui cara menjadi dubber.

Saya ingin sekali mencoba menjadi penyiar radio... ikut-ikutan masuk studio, melihat cara kerja mereka... belajar, mencoba, dan mengetahui teknik yang benar dan baik menjadi seorang penyiar radio

Saya ingin sekali mencoba menjadi pendongeng... ikut-ikutan mendongeng di depan anak-anak... belajar berekspresi dan menyelami dunia anak... mencoba mencari tahu apa yang ada dalam pikiran mereka... serta memahami cara yang tepat untuk menjadi seorang pendongeng

Saya ingin sekali terlibat dalam satu produksi sinetron... mengenal nama-nama alat yang digunakan, memahami cara kerja sutradara, asisten sutradara, dan semua yang terlibat dalam sebuah sinetron.

Saya ingin sekali berteman dengan seorang MC... menyerap ilmu darinya, menimba pengalaman darinya.

Saya ingin sekali belajar dari sumbernya langsung.

Namun kesibukan saya di sini...tidak mengizinkan saya untuk cuti ini cuti itu...

Kamis, 02 Maret 2017

Model Pembelajaran di Kelas (1)

Untuk mendownload... klik tanda panah di pojok kanan atas

Rabu, 01 Maret 2017

Makna, Pemikiran, dan Realitas

Silakan download dengan mengeklik tanda panah di pojok kanan atas

Kalimat Inggris di Kelas (3)

Sumber:
Buku Praktis Percakapan Bahasa Inggris
(English For Non English Teachers)
Prof. Zainudin Mohd. (London UK)
Penerbit: Printing Press


Mau sekali-kali pakai bahasa Inggris di kelas... buka saja www.hariuntung.com

1. Pak/Bu kurang jelas : Sir/Ma'am I don't understand
2. Perhatikan : Attention
3. Pengumuman : Announcement
4. Tata tertib ujian : Examinations rules and regulations
5. Lepas topinya : Put off your hat
6. Duduk yang benar : Sit properly
7. Pakai dari yang benar : Wear your tie properly
8. Jangan selalu melihat ke luar : Do not look out inside
9. Perhatikan ke depan : Pay Attention
10. Jangan bengong/melamun terus : Do not day dreams
11. Betulkan jawaban temannya : Please correct your friends answers
12. Permisi Bu/Pak, saya mau mengantar teman pulang : Excuse me Ma'am/Sir, i would to 
                                                                                            sent my friend home
13. Pak/Bu saya sakit kepala/sakit perut : Sir/Ma'am i have headache/stomachache
14. Panggil orang tua kamu untuk mengambil rapot : Ask your parents to take the report 
                                                                                    book.
15. Permisi Pak/Bu, saya mau mengambil buku ke perpustakaan : Excuse me Sir/Ma'am, i 
                                                                           would like to take the books from the library
16. Permisi Pak/Bu, saya mau mencuci muka karena saya mengantuk : Excuse me 
                                                         Sir/Ma'am, i want to wash my face because i am sleepy.