Kamis, 30 Juli 2015

Jika Siswa Mengantuk

oleh: Hari Untung Maulana

Lagi enak-enak ngajar, tahu-tahu melihat ada siswa yang mengantuk.
Jangan langsung ditimpuk pakai kursi tapi bisa kita coba beberapa hal menyenangkan di sini....
Kalau cuma disuruh cuci muka sih udah biasa... kita cari yang luar biasa...


1. Mendadak diam, letakkan tangan kanan di bibir seperti menahan tangis, mata dikedip-kedipkan tetapi menatap ke siswa yang tidur. Niscaya, tanpa kita teriak-teriak, siswa itu sudah langsung dibangunkan oleh temannya. ketika siswa yang tidur tadi bangun dan menatap Anda, maka langsung berikan senyuman dan ucapkan alhamdulillah, lantas langusng lanjutkan pelajaran.

2. Beri pertanyaan sesuai materi. Kalau dia bisa menjawab dengan benar, berarti dia mungkin tipe belajarnya auditori, yang tidak perlu menatap wajah guru.

3. Ajak senam. Mengantuk terjadi karena kurangnya pasokan oksigen ke otak. Jika kita lihat rasa ngantuk sudah mulai menyebar, maka ajak siswa untuk berdiri, tarik napas panjang 3 x, ucapkan AIUEO dengan keras 3 x, ucapkan Merah Jingga Kuning Hijau Biru Nila Ungu dalam satu tarikan napas.

4. Ajak bermain pindah tempat. Ketika guru melihat kela ssudah masuk tahap genting. hampir 50 persen mengantuk. Sambil berlagak marah (hanya sekadar menarik perhatian bukan marah betulan). Minta semua siswa untuk berdiri.
Lalu pinta mereka untuk berpindah tempat. Syaratnya: Jarak tempat yang baru dengan tempat awal harus berjarak 3 kursi.
Setelah pindah Siswa yang duduk di depan, belakang, damping kanan dan kiri tidak boleh sama dengan sebelum pindah.
Beri waktu 15 detik untuk mereka mengatur posisi (pasti ribut, biarin ajah)
Dengan aba-aba, minta mereka bergerak dihitung hanya 30 hitungan. (pasti gaduh saling ngatur, cuekin ajah)
Setelah siswa duduk. lanjutkan pelajaran. tidak usah dicek. mereka pasti bingung. intinya sih biar mereka bergerak dan berpikir. tetapi kalau perlu, berikan kata-kata, "Bagus, kalian sudah semangat, bergerak, enerjik, dan tentu sekarang lebih fresh kan? Kita lanjutkan..."

5. Keluar ruangan bersama-sama. Apapun materinya, dalam kelas bahasa Indonesia, bisa saja kita belajar di luar ruangan. Jika anak-anak sudah mengantuk, ajak saja mereka berjalan sambil guru menerangkan. kesannya jadi seperti guide dengan turis. jalan...jalan.... berhenti. "Ada pertanyaan?" jawab. jalan lagi.... jalan lagi.... berhenti. begitu seterusnya.

6. Tulis dengan tangan kiri. Kalau sudah ada yang mengantuk, coba guru tuliskan sebuah materi yang sedang diajarkan. lalu minta siswa untuk mencatat. syaratnya, harus menggunakan tangan kiri. dijamin mereka akan langsung fokus pada tulisannya. fokus sesaat tersebut dapat menghilangkan ngantuk.

7. Minta siswa untuk berwudhu. Belajar tuh ibadah, setan paling enggak senang melihat kita beribadah. Bisa jadi ngantuknya dibikin sama setan. Solusinya, pinta siswa ke kamar mandi dan berwudhu... enggak ngefek kalau cuma cuci muka... setannya masih ngegantung di pelupuk mata.

8. Minta siswa untuk membaca Ta'awudz. Selain berwudhu, bisa juga mengusir setan dengan membaca ta'awudz:
( A-'uudzu bil-laahi minas syai-thaanir ra-jiim ) lalu meludah tanpa keluar air ludahnya ke samping kiri sebanyak tiga kali. Insya Allah ngantuknya langsung hilang

2 komentar:

terima kasih sudah memberi masukan