Selasa, 27 Januari 2015

Selasa, 20 Januari 2015

SURAT WASIATKU

Assalamu 'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Sahabatku semua yang semoga selalu dalam lindungan Allah SWT.
Tiada pelindung sebaik-baiknya selain Allah...
hanya memang, apakah kita ingin berlindung kepadaNya..... atau tidak
hanya memang, apakah kita berniat mendekat padaNya untuk dilindungi... atau tidak
Semoga saya dan sahabat semua... termausk dalam golongan yang mendekati-Nya.

Hari ini, Selasa 20 Januari 2015
35 tahun yang lalu saya mulai menghirup udara
tepat hari ini, saya berulang tanggal (yang berulang tanggalnya bukan tahunnya)
Jika usia rata-rata manusia adalah 60 tahun... maka usia saya sesungguhnya makin berkurang...
dan hanya tersisa 25 tahun lagi.
Itupun jika Allah memberikan kesempatan saya sampai usia 60 tahun

Saat saya berusia 60 tahun, mungkin saya sudah menghadiri semua pernikahan anak-anak saya Farhan dan Furqon
Saat saya berusia 60 tahun, mungkin saya sudah menyandang gelar Doktor
Saat saya berusia 60 tahun, mungkin saya sudah menimang cucu yang cantik dan tampan
Saat saya berusia 60 tahun, mungkin sudah banyak keinginan dan harapan saya yang terpenuhi
Saat saya berusia 60 tahun, mungkin saya sudah hafal 30 juz Alquran (Aamiin ya Allah, kuatkan iman hamba)
Saat saya berusia 60 tahun, mungkin saya sudah mengunjungi rumahMu Makkah Al Mukarramah

Tapi saya tidak tahu, sampai mana batas usia saya.
Bisa jadi 20 tahun lagi
Bisa jadi 10 tahun lagi...... bisa jadi setahun lagi...... seminggu lagi..... sehari lagi..... atau usai saya menulis surat wasiat ini.

Ya Allah, banyak hal yang hamba harapkan dari kematian hamba...
Ya Allah, izinkan hamba menghadapMu dalam khusnul khotimah
Ya Allah, izinkan hamba, jauhkan hamba dari sakitnya Sakaratul Maut, jauhkan hamba dari sakitnya Azab Kubur, jauhkan hamba dari mengerikannya NerakaMU .
Ya Allah, izinkan hamba menghadapMu dalam suasana Ibadah
Ya Allah, izinkan hamba menghadapMu dikelilingi keluarga
Ya Allah, izinkan hamba menghadapMu dalam sebaik-baiknya usaha seorang hamba menghadap penciptanya.

Hari ini, keluargaku, sahabatku, saudaraku
Kumohon permohonan maaf dari Anda semua, yang tidak bisa kusebutkan satu per satu

Berusaha kuingat....
1.  Bapak dan Emak.... mungkin aku belum bisa memberikan yang engkau harapkan, maafkan segala kekurangan anakmu. Kumohon, ikhlaskan semua kesalahanku diwaktu yang lalu. Kumohon, sayangilah janda dan anak-anakku.
2. Selama saya bersekolah di SD-SMP-SMA-Universitas: Bapak-Ibu guru yang mungkin mendengar berita kematianku... Kumohon, kirimkan aku doa-doamu....
3. Selama saya bekerja di Kelompok Peron Surakarta Mahasiswa Pekerja Teater, Teater Basah,PT. Tropika Rawamangun, dan Nurul Fikri Boarding School.... selama saya berhubungan dengan Anda (sahabat-sahabat di tempat kerja). Kumohon, maafkan candaku yang sering keterlaluan. Kumohon maafkan janji-janji yang mungkin terlupakan... Seingat saya, saya tidak punya hutang yang sampai saya bisa berurusan dengan pihak yang berwajib.
4. Selama saya menjadi PJ Kedisiplinan di NF... Anak-anakku, saya minta maaf jika menyakiti dirimu. saya minta maaf jika harus 'memusnahkan' barang-barang ilegal yang kamu bawa ke sekolah. Saya minta maaf jika saya belum bisa memberikan teladan yang sempurna bagi kalian.
5. Selama saya berkenalan dengan Bapak-Ibu orang tua / wali santri... Maafkan segala kelemahan dan kekurangan saya. Jazakallah telah mempercayakan pada saya putra-putri bapak/ibu, maafkan jika saya belum sempurna memberikan bimbingan.
6. Semua orang yang kenal saya... semua orang yang pernah tersakiti oleh saya... semua orang yang pernah bermasalah dengan saya.... Saya Mohon Maaf.... Saya Mohon Maaf.... Saya Mohon Maaf...

Ya Allah, lewat surat ini saya berwasiat untuk keluargaku.

1. Jika waktunya nanti, makamkan saya di tempat yang mudah kalian ziarahi.
2. Jika waktunya nanti, tolong (jika sanggup) bukukan tulisan-tulisan saya di blog -tulisan yang asli bukan yang hasil tik ulang-. Saat ini saya masih senang nge-blog, minat sih ada, tapi belum kuat untuk membukukan semua tulisan saya. Jika tidak bisa, sesungguhnya tidak utang yang harus dibayar
3. Untuk mama, ikhlaskan diriku dan lanjutkan kehidupanmu. Ttitip doamu untuk ku. Ajarkan Farhan dan Furqon menjadi muslim yang baik. karena lewat doa anak-anak sholehku, aku mendapat cahaya di makamku.
4. Untuk Farhan dan Furqon, selalu jaga Mamamu. doakan ayah, dan jadilah muslim yang kaffah
5. Sumbangkan seluruh pakaianku pada orang yang membutuhkan. Jangan sisakan di rumah. Jika ada yang bisa dipakai kembali, sumbangkan. Jika ada yang perlu dimusnahkan (pakaian dalam misalnya), musnahkan.
6. Ttg segala harta peninggalanku (jika ada) percayakanlah pengurusannya pada yang mampu. Jika mungkin berikan 30 persen untuk wakaf.

Ya Allah, aku tak tahu ajalku

Jikapun engkau memberikan aku kesempatan hidup hingga tua...
Harapku ya Allah... inginku ya Allah...
Kuatkan imanku
Kuatkan amalku
Kuatkan ibadahku

Jadikan aku muslim yang senang membaca Alquran
Jadikan aku muslim yang selalu menjauhi laranganmu dan menjalankan perintahMu
Jadikan aku muslim yang selalu menjalankan sunah-sunah kekasihMu. Muhammad
Jadikan aku muslim yang memberikan kebaikan bagi orang-orang di sekitarku

Ya Allah....
Syukur atas berkah yang engkau berikan
sampai usia 35ku

Surat Wasiat ini, semoga menjadi pengingat kematianku
yang akan selalu menemani setiap langkah kehidupanku

Cinangka, 20 Januari 2015

Senin, 19 Januari 2015

Furqon anakku ikut lomba




Acara: Family Gathering keluarga besar NFBS di Hotel Sari Ater Bandung, 21-22 Desember 2014

Minggu, 11 Januari 2015

Doa Peringatan Hari Sumpah Pemuda



بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين، حمد الناعمين حمد الشاكرين، حمدا يوافي نعمه ويكافئ مزيده، يا ربنا لك الحمد كما ينبغي لجلال وجهك الكريم وعظيم سلطانك، اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين.

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

Ya Allah, Kami bersyukur kepadaMu atas segala kenikmatan yang telah Engkau berikan kepada kami sehingga kami dapat berkumpul pada Upacara yang hikmat ini.

Ya Allah Ya Ghaffur Yang Maha Pengampun
Ya Allah Ya Mutakabbiru Yang Maha Memiliki Segala Keagungan
Ampunilah dosa kami, Ampunilah dosa kedua orang tua kami, Ampunilah dosa seluruh guru-guru kami

Ya Allah Ya Mukmin Ya Muhaimin
Engkaulah Yang Maha Memelihara dan Melindungi
Jadikanlah kami para pemuda yang selalu di bawah naungan Islam
Jadikanlah kami generasi-generasi Rabbani yang dapat membela kehormatan Agama, Keluarga, dan Negara.

Ya Allah Ya Aziiz Ya Jabbar Engkaulah yang Maha Mulia dan Maha Perkasa
Jadikanlah negeri kami negeri yang bermartabat.
Bersihkan dari korupsi, kolusi, dan nepotisme yang jahat
Jadikan kami bagian dari generasi yang anti Korupsi 

Ya Allah Ya Maalikul Mulk, Engkaulah Yang Maha Memiliki Kekuasaan
Jadikanlah kami pemuda-pemuda yang cinta damai
Pemuda-pemuda yang selalu saling menghormati, bertoleransi, namun sekaligus tetap teguh membela Islam, Agama yang engkau Ridhoi ini

Ya Allah, dengan segala kekuatan dari Mu, dengan segala kekuasaan dariMu
di Hari Sumpah Pemuda ini, kami memohon, berikanlah kami ilmu yang bermanfaat, baik di dunia dan diakhirat. Jauhkanlah kami dari siksa api Neraka.

Ya Allah Ya Hadii, Engkaulah yang Maha Memberi Petunjuk

Tunjukilah kepada kami, yang benar itu selalu benar dan berilah kami kemampuan untuk selalu mengikutinya.

Tunjukilah kepada kami, yang salah itu selalu salah, dan berilah kami kekuatan untuk selalu menjauhinya.

ربنا تقبل منا إنك أنت السميع العليم، وتب علينا إنك أنت التواب الرحيم، ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار، وأدخلنا الجنة مع الأبرار ياعزيز ياغفار يارب العالمين، وصلى الله على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم، والحمد لله رب العالمين.

Dibacakan ketika upacara memperingati hari Sumpah Pemuda

Doa Hari Guru



 بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين، حمد الناعمين حمد الشاكرين، حمدا يوافي نعمه ويكافئ مزيده، يا ربنا لك الحمد كما ينبغي لجلال وجهك الكريم وعظيم سلطانك، اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين.

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

Ya Allah, Kami bersyukur kepadaMu atas segala kenikmatan yang telah Engkau berikan kepada kami sehingga kami dapat berkumpul pada Upacara Memperingati Hari Guru Nasional tahun xxxx yang hikmat ini.

Ya Allah Ya Ghaffur Yang Maha Pengampun
Ya Allah Ya Mutakabbiru Yang Maha Memiliki Segala Keagungan

Ampunilah dosa kami, Ampunilah dosa kedua orang tua kami, Ampunilah dosa seluruh guru-guru kami

Ya Allah Ya Mukmin Ya Muhaimin
Engkaulah Yang Maha Memelihara dan Melindungi

Sesungguhnya tugas sebagai guru adalah tugas yang mulia dan murni sepanjang zaman,
Karena itulah, karuniakanlah kepada guru-guru kami hati yang ikhlas dalam menyempurnakan tanggungjawab yang berat ini. 

Kuatkanlah hati guru-guru kami agar menjadikan seluruh aktivitasnya di dunia pendidikan sebagai ibadah dan hanya mengharapkan rahmat dan keridhaan-Mu  semata.  

Ya Allah, Ya Aziiz, Ya Jabbar, Engkaulah yang Maha Mulia dan Maha Perkasa

Berilah kesehatan dan Kekuatan kepada guru-guru kami, sehingga mereka dapat selalu hadir membimbing kami dalam segala kondisi. Berikanlah kesabaran tak terbatas kepada guru kami, dalam membimbing kami semua.

Ya Allah Ya Maalikul Mulk, Engkaulah Yang Maha Memiliki Kekuasaan

Jadikanlah kami murid-murid yang gemar menuntut ilmu.
Jadikanlah murid-murid yang selalu menghormati guru, menuruti apa yang diperintahkannya, dan melaksanakan apa yang ditugaskannya.

Ya Allah, dengan segala kekuatan dari-Mu, dengan segala kekuasaan dari-Mu
Jadikanlah kami insan yang Cerdas, Sholeh, dan Muslih. Jadikanlah kami generasi harapan orang tua.

Ya Allah Ya Hadii, Engkaulah yang Maha Memberi Petunjuk

Tunjukilah kepada kami, yang benar itu selalu benar dan berilah kami kemampuan untuk selalu mengikutinya. 

Tunjukilah kepada kami, yang salah itu selalu salah, dan berilah kami kekuatan untuk selalu menjauhinya.

ربنا تقبل منا إنك أنت السميع العليم، وتب علينا إنك أنت التواب الرحيم، ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار، وأدخلنا الجنة مع الأبرار ياعزيز ياغفار يارب العالمين، وصلى الله على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم، والحمد لله رب العالمين.


Dibaca ketika upacara memperingati Hari Guru

Kartun majalah HumOr: Dermaisme, Kemiskinian, dan Reflesindiran

Di bawah ini adalah beberapa kartun yang dimuat di majalah humor
No: 64
26 Mei-8 Juni 1993


Catatan hroen20


Betapa di dunia ini, masih banyak yang menikmati kesombongan.
Remah-remah roti untuk beburungan, yang diberikan dengan ikhlas,
tentu lebih bermanfaat daripada lembar-lembar rupiah yang diberikan dengan mengharap sanjungan.

Betapa sesungguhnya 'kita' sering berderma dengan tangan kanan
dan tangan kiri memegang pengeras suara dan mulut 'kita' berkoar-koar kalau kita berderma

nb: 'kita' di sini untuk yang merasa saja.
 



Catatan hroen20
Kecurigaan kartunis, mulai terungkap tahun-tahun belakangan ini
Pengemis kaya yang bisa mencicil motor terbaru dan punya rumah mewah
lihat beritanya di sini

Pengemis yang membawa uang puluhan juta
lihat beritanya di sini

Dan ternyata, penghasilan pengemis itu dalam sehari adalah...........
lihat beritanya di sini

JANGAN JADI PENGEMIS
JANGAN MEMBERI PENGEMIS

Salurkan derma Anda pada tempat-tenpat yang tepat.... tetangga 1 RT misalnya...
Cari yang fakir dan miskin.... namun masih mau berusaha berdagang atau bekerja yang baik.


Catatan hroen20

Tapi ternyata, kaum pengemis pun sering kali memberikan pelajaran pada kita
Pengemis yang benar-benar berorientasi pada hidupnya hari itu
bukan pengemis yang berorientasi pada 'banyak harta kerja mudah'.


Seorang pengemis mendapatkan uang lebih besar karena kejujurannya
lihat beritanya di sini

Pengemis baik mendapatkan apartemen gratis
lihat beritanya di sini





Tugas Menulis Mingguan

oleh: Hari Untung Maulana

Sebagai guru bahasa Indonesia, agak prihatin juga dengan minat menulis anak-anak
mereka sangat terbiasa menulis jawaban soal... tulisan-tulisan yang semua jawabannya ada di buku paket.
mereka sangat terbiasa menulis jawaban soal ulangan... tulisan-tulisan yang sumbernya berasal dari ingatan.

Ketika saya mencari peserta lomba menulis cerpen untuk FLS2N (Festifal dan Lomba Seni Siswa Nasional). Saya sangat kesulitan, mereka banyak yang menolak.

Akhirnya,
Saya berinisiatif melatih anak-anak untuk menulis
Saya paksa mereka
menulis sesuai dengan tema yang saya tentukan

say apaksa mereka
menulis dengan mengerahkan daya imajinasi yang super

Waktunya seminggu
dan panjangnya tidak boleh lebih dari 1 halaman (1 halaman lho, bukan satu lembar) kertas binder.

gbr1. kertas binder

Ternyata, setelah beberapa kali tugas, mereka malah menganggap 1 halaman itu kurang.

Mereka mau lebih.!!

Tapi, tetap, tidak boleh...
harus tetap 1 halaman
mengapa tidak boleh tambah.

Pembatasan 1 halaman akan menjadikan siswa fokus pada tema.

Untuk memotivasi, kita bisa memberikan nilai atau reward




Inilah beberapa tema yang pernah saya jadikan tugas menulis..... (Ditambah tema baru yang baru saya pikirkan ketika membuat postingan ini)

1. Menurutmu, apa manfaat menulis cerita
2. Menurutmu, apa sih sulitnya jadi orang dewasa
3. Menurutmu, hal-hal keren apa yang seharusnya ada di sekolah kita
4. Menurutmu, kalau kamu jadi superhero, kamu pilih jadi siapa? mengapa?
5. Menurutmu, kalau kamu jadi benda, kamu pilih jadi benda apa? mengapa?
6. Menurutmu, kalau kamu diperbolehkan kembali ke satu waktu, kamu milih kembali
    ke tanggal, bulan, dan tahun berapa? kenapa?
7. Jika kamu tahu hidupmu tak lama lagi, wasiat apa yang kamu berikan untuk kedua orang tuamu
8. Jika ada hujan uang di sekolah, apa yang akan kamu lakukan?
9. Jika di Jakarta, semua polisinya terjebak dalam sebuah gedung dan tidak bisa keluar,
    apa yang akan terjadi?
10. Ceritakan, kamu adalah seorang anak orang kaya yang harus tinggal di rumah gubug
     rumah temanmu, apa yang kamu rasakan?
11. Ceritakan, kamu adalah seekor singa yang melihat anakmu ditangkap pemburu,
      apa yang akan kau lakukan?
12. Buatlah surat untuk presiden Isr#el tuk hentikan penindasan di Palestina
13. Buatlah surat tuk seorang temanmu aga menghentikan kebiasan menyontek
14. Buatlah surat untuk ibumu di hari ibu
15. Buatlah surat untuk ayahmu sebagai ungkapan terima kasih di hari ulang tahun ayah.



Senin, 05 Januari 2015

Wajah menceng karena Bels Palsy

Temen-temenku semua
Jaga kesehatan ya.
Saya pernah sakit Bells Palsy.
orang bilang sih, stroke wajah.
itu loh... yang wajahnya menceng sebelah...
Sangat mengganggu dalam kehidupan sehari-hari...

Ini yang saya rasakan saat kena Bells Palsy:

1. ngomong jadi enggak jelas (huruf-huruf macam b, p, dan m enggak bisa diucapkan)

2. makan enggak ada rasanya (karena BP juga menyerang saraf perasa di lidah)

3. Satu mata tidak bisa menutup sempurna, saat kedip bahkan saat tidur. jadinya mata selalu keluar air mata, dan pegal saat bangun tidur.

4. Enggak bisa kumur-kumur. Saat ambil wudhu atau sikat gigi... ketika kumur-kumur, air akan keluar dari mulut yang tidak tertutup sempurna

5. Senyumnya tidak simetris, jadi terkesan menyeramkan.


Penyakit ini menyerang segala usia, bahkan anak kecil usia 6 bulan saja bisa terkena.
BP (bells palsy) bukan penyakit keturunan. dan penyakit ini bukan penyakit kambuhan. penyakit ini terjadi karena saraf ke-7 manusia yang terletak di belakang telinga, mengalami keradangan.

Keradangan ini dapat terjadi karena hal-hal :
1. Terpapar angin secara terus-menerus. Misalnya, di Kantor, karena posisi meja kita di depan AC/kipas angin, dan belakang telinga kita yang kanan selalu kena AC yang menyala dari sebelah kanan kita. bisa jadi saraf ke-7 akan radang dan timbul BP

2. Tidak mengenakan helm saat bermotor dalam jarak yang jauh. Terpaan angin di belakang telinga dapat menyebabkan saraf ke-7 radang dan menimbulkan BP

3. Bahkan kabarnya, ada yang terkena BP setelah selama 12 jam perjalan pulang kampung, wajah kanannya selalu nempel di kaca Bis... besoknya, saraf ke-7 radang dan malamnya kena BP.

4. Herpes yang menyerang telinga. virus herpes yang menyerang telinga dapat membuat saraf ke-7 terkena peradangan

5. Kecelakaan, karena terjepitnya saraf ke-7

Jadi temen-temen...
sebisa mungkin saraf ke-7 Anda, yang terletak di belakang telinga di dalam lapisan kulit kepala, jangan terpapar angin terus-menerus. Gunakan helm, jaga kesehatan kulit (biar enggak kena herpes), dan selalu berdoa agar terhindar dari kecelakaan di tempat kerja atau diperjalanan.

Semoga bermanfaat

Naskah Stand Up Comedy: Motivasi

Karya: Hari Untung Maulana

(Link Download Ada Di Bawah)

Assalamu 'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh
Apa kabar semua...
sehat ye... semangat yeee...
ada yang butuh motivasi dari saya?
kagak ada? ya udah saya balik lagi... (pura-pura balik... berhenti... balik kanan)
serius nih... enggak ada yang nahan saya pergi?
tega banget dah sama saya...
tolong kasih motivasi saya biar saya bertahan di atas panggung ini (ucapan memelas)

oke deh...
butuh kagak butuh tetep saya akan kasih motivasi buat Anda-Anda semua.

Kalimat motivasi yang pertama...
dari tukang bubur langganan saya...

dia bilang...
Jangan menilai orang dari wajahnya
tapi lihat dari jelek apa enggaknya

Saya sih agak kurang setuju.
buktinya, wajah saya jelek... tapi tetep ada nilainya
kalau wajah itu di skor 1-100...
wajah saya masuk skor 40 lah...
Tuh kan...tetep ada nilainya kan

yang kedua
dari Ibu-ibu yang yang lagi belanja di depan rumah

dia bilang
Sepandai-pandainya kita nawar barang.
Selama-lamanya kita nawar barang.
Sesadis-sadisnya kita nawar barang
kalo abangnya bilang "Kagak"
Akhirnya tetep beli juga.

(praktikin ni dialog)
"Bang harganya kurangin ye...."....................."KAGAK!"
"Kalo kagak kurang tambahin satu biji dah...."....................."KAGAK!"
"Ya udah saya belinya di kredit yeeee....."......................."KAGAK!"
"Abang ganteng deh!! ....." ................................."UDE DARI DULU!"

Maksud dari kalimat motivasi ini... bukan untuk Anda yang hobi belanja
tapi untuk para pedagang... artinya adalah.... cukup satu kata...... KAGAK!

yang ketiga
dari pengamen di bis kota

dia bilang...
Terima kasih... mohon maaf kalau suara saya tadi jelek. karena sejak awal saya sudah bilang... saya akan menyumbangkan sebuah lagu.

Tenang... kata sumbang memiliki dua arti... yang satu... suara jelek.... yang satu.... berbagi....
jadi pengamen yang suaranya jelek, anggap saja sedang berbagi.

Hei Bang... di berniagaain ajah... iklaaaan....iklaaaannn..

Sebagai seorang motivator... saya punya motif, yaitu menutupi kekurangan saya.
Gimana caranya kekurangan saya, saya jadiin motivasi buat menunjukkan kelebihan saya

kekurangan saya cuma satu Men.... kagak punya kelebihan.

Sebagai seorang motivator...
saya harus bisa membaca wajah orang yang lagi butuh motivasi...
misalnya... saya kasih contoh yee.... (lirak-lirik... mencari-cari)
Mas-mas yang pakai baju biru... iya kamu...

coba mas berdiri Mas.

saya tanya yeee....

Masnya pasti lagi sedih..... (dia jawab iya)
Karena abis diputusin sama pacarnya ya Mas.... (dia jawab : kok tau?)
Saya gitu lhooo....
Mas lahirnya bulannya April bukan?............. (dia jawab: iya.)
Pacarnya Mas pasti kelahiran Januari................ (dia jawab: iya bener)
Enggak cocok Mas.... mending sama yang kelahiran Agustus
Masnya juga lagi deket sama mbak-mbak jilbaban
yang kelahiran Agustus kan?......... (dia jawab: Iya.... kok tahu?)
Saya gitu lhoooohh..

Oke... hadirin semua...
sebagai seorang motivator saya harus bisa menebak phsikis seseorang dari wajahnya...
Anda mau tahu bagaimana saya tadi melakukannya...
Gampang.... sebelum naik panggung... tadi dia saya kasih teks dramanya.

terima kasih... kalo kagak lucu berarti Anda masih perlu motivasi...
Bye

http://downloads.ziddu.com/download/25271938/motivasi.docx.html

Kamis, 01 Januari 2015

Contoh soal kata sandang si dan sang

1.
Penulisan kata sandang yang tepat adalah...
A. Nabi Sulaiman langsung memanggil Si Hudhud yang datang terlambat
B. Pada akhir zaman nanti banyak manusia yang akan bersembunyi di dalam tubuh Si pohon Gharqad
C. Melihat pasukan Sulaiman akan melintas, sang Komandan semut memerintahkan pasukannya untuk masuk ke dalam sarang
D.Tanpa diperintah Rasul, Sang Unta berjalan perlahan menuju ke sebuah rumah.
Jawaban: C
Penjelasan: Kata sandang harus ditulis dengan diawali huruf kecil bukan kapital. kecuali, di awal kalimat

2.
Di pagi yang cerah di sebuah hutan yang gelap. Di sana hidup seekor merak yang sangat anggun sekali. Setiap pagi sang merak selalu berzikir pada Allah penciptanya. Menyukuri apa yang sudah di peroleh selama hidupnya
Kalimat yang tepat dari kutipan fabel di atas adalah...
A. kalimat pertama                 C. kalimat ketiga
B. kalimat kedua                     D. kalimat keempat
jawaban: C. kalimat ketiga
Penjelasan:
A. salah, karena penggunaan kata depan 'di' pada awal kalimat. seharusnya menggunakan kata depan pada jika mengacu pada waktu. Sedangkan, kata depan 'di' mengacu pada tempat
B. salah, penggunaan kata sangat dan sekali secara berbarengan merupakan kesalahan berbahasa. gunakan salah satu.
D. salah, bentukan kata Syukur + awalan meng- seharusnya menjadi mensyukuri.

Contoh Soal Kalimat Aktif Transitif - Intransitif

1.
(1) Masjid Abdul Malik terletak di Pesantren Ibnu Salam Cinangka Banten. (2) Masjid tersebut sangat sederhana namun bernuansa syahdu. (3) Usai Shalat Magrib, Ayah membaca Alquran di Masjid Abdul Malik. (4) Kami anak-anaknya larut mendengarkan.
Kalimat yang dapat dipasifkan adalah kalimat...
A. 1                         C. 3
B. 2                         D. 4
jawaban: C.3
penjelasan:
Kalimat yang dapat dipasifkan adalah kalimat aktif yang memiliki objek. Dari keempat kalimat di atas, hanya kalimat 3 yang terbentuk atas: Keterangan waktu - S - P - O - Keterangan tempat. Kalimat yang lain tidak memiliki objek

2.
(1) Kakak membeli siwak di toko peralatan muslim
(2) Ayah melarang Adik tertawa terbawak-bahak
(3) Kita tidak boleh berlarian di masjid
(4) Saat Khotib berkhutbah, jamaah Shalat Jumat dilarang berbicara
Kalimat yang termasuk dalam kalimat aktif transitif adalah kalimat...
A. (1) dan (2)                 C. (3) dan (4)
B. (2) dan (3)                 D. (4) dan (1)
jawaban: A. (1) dan (2)
penjelasan:
Kalimat aktif transitif adalah kalimat yang memiliki objek dan dapat dipasifkan. Dari keempat kalimat di atas, hanya kalimat (1) dan (2) yang memiliki objek. Kalimat 1. Kakak membeli siwak (S-P-O). Kalimat 2. Ayah melarang adik (S-P-O)

3.
Penjelasan di bawah ini yang tepat adalah....
A. kalimat aktif transitif adalah kalimat aktif yang tidak dapat dipasifkan
B. kalimat aktif intransitif adalah kalimat aktif yang dapat dipasifkan
C. kalimat aktif intransitif adalah kalimat yang tidak memiliki objek
D. kalimat aktif transitif adalah kalimat yang predikatnya mendahului subjeknya
jawaban: C
penjelasan: sudah jelas


4

Di bawah ini, kalimat yang mengandung kata kerja intransitif adalah….
A.        Koki langsung menendang bola yang dilempar oleh Didi si Gajah.
B.        Ketika Kuki bertemu Kancil, Kuki melihat Kancil sedang makan
C.        Roar sang Singa tidur di bawah pohon beringin
D.        “Kamu duduk saja di sini,” ujar Roar kepada Kijang


5
Di bawah ini, kalimat yang mengandung kata kerja transitif adalah….
A.        Beruang madu segera mengambil sarang lebah yang tergantung di pohon
B.        Kancil membantu kerbau menumbangkan pohon untuk dibuat jembatan
C.        Para monyet itu segera mandi di mata air
D.        Cici si cicak mengantarkan hadiah untuk Raja.