Selasa, 04 Juni 2013

Cara Membuat Naskah Stand Up Comedy 1: Adik Simba



oleh: Hari Untung Maulana

(LINK DOWNLOAD ADA DI BAWAH)

Adiksimba
Apakah yang dimaksud dengan adiksimba? sebetulnya, mungkin lebih terkenal dengan 5W1H. Tapi saya lebih suka yang versi Indonesia.

Apa                                SIapa
DImana                          Mengapa
Kapan                            BAgaimana

Jadi, kalau kamu sedang membuat naskah stand up comedy... manfaatkan saja si Adiksimba...
buat pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang tema yang kamu usung.
misalnya, 

tema: Ulang Tahun
ceritanya, kamu diminta untuk tampil stand up comedy di acara ulang tahun teman kamu.
bikin naskahnya dengan menanyakan dan  kamu jawab sendiri.... 
tentu... pikiran kamu harus lagi fress dan lucu

Apa: Kamu bisa tuh ngomentari apapun (secara lucu lho ya)
  1. Apa acaranya? Ini acara ulang tahunnya si Keke, makanya saya pakai baju gaul kayak gini, kalau ini acara ulang tahunnya kakeknya si Keke, saya pasti pakai baju korpri.
  2. Apa dresscode yang harus dipakai? Hari ini kita pakai baju motif polkadot... untung gak ada 103 orang, kalau sampe 103, jadi deh bikin film One O Three Dalmation.
  3. Apa bentuk kuenya? Kenapa kue ulang tahunnya si Keke bentuknya bulat? Tahu gak-tahu gak? Ada rahasianya lho... Tahu gak? Soalnya dia belinya yang itu... coba kalau dia belinya yang kotak... pasti sekarang kuenya kotak.
  4. Apa aja acaranya? Acara inti dari ulang tahunnya si Keke bukan acara potong kue, juga bukan acara makan-makannya... tapi acara stand up comedynya...
  5. dan lain-lain
DImana: Banyak yang bisa ditanyain tentang tempat
  1. Dimana si Keke dilahirkan? Menurut sahibul hikayat, si Keke dilahirkan disebuah rumah sakit, yang sekarang udah kagak ada lagi. Tu rumah sakit udah jadi tempat pembungan sampah akhir... gue ngebayangin, si Keke besok ngajak cucunya, terus dia nunjuk ke tempat sampah, "Di sana dahulu nenek dilahirkan."
  2. Dimana emaknya si Keke mesen katering buat acara ini? Alhamdulillah, makanan yang disajikan enyak banget... bener... enyak banget... saya ngomong gini bukannya ikut-ikut alay... tapi emang emaknya si Keke mesen masakannya ama enyak saya... makanya saya bilang, masakannya enyak banget.
  3. Dimana si Keke kalau pas acara buka kado? Nanti malem, pas kalian udah pada balik, si Keke langsung masup kamar, yang pertama dia lakuian adalah buka internet, baru buka kado... dia cekin tuh harga barang-barang yang kalian kasih... terus dicatet harganya... biar besok pas kalian ngundang dia  ke acara ulang taon, si Keke udah tahu harus ngebalikin berapa... ini enyak saya lagi nih
  4. Dimana si Keke beli baju ulang tahunnya? Yang pasti dia belinya di BuTik soalnya BuRos gak jual baju, buros jualnya lemper sama gandasturi... Tau Butik gak? itu yang di pengkolan jualan baju kodian.
  5. Dimana tempat yang paling syaik untuk ngundang temen?  Sebetulnya kalau ngadain acara ulang tahun di kape mah udah biasa, gimana besok kalau ada yang ulang taun kita sama-sama dateng ke kuburan... sekalian muhasabah, umurnya ilang atu. gimana? Ini malah seneng-seneng... parah dah.
  6. dan sebagainya
Kapan
  1. Kapan si Keke lahir?Hari ini gue akan cerita tentang seseorang yang amat spesial, dia lahir 17 tahun yang lalu, sungguh kelahiran yang amat ditunggu oleh kedua orangtuanya. Anak yang lahir itu sangat cakep. dia adalah... saya... yeeee siapa yang mau nyeritain si Keke.
  2. Kapan sebaiknya ngadain acara ulang tahun? Kalau ngadain acara ulang taun sebaiknya pas puasa aja... biar gak usah nraktir-nraktir... kalau lagi pas gak puasa, bilang aja saya lagi puasa. tapi inget, harus puasa beneran waktu itu. dosa kalo boong.
  3. Kapan ulang tahun pertama kali dirayain? Ulang tahun yang pertama kali dirayain adalah setelah pembuat kue ulang tahun yang pertama dilahirin. waktu belon ada kue ulang taun... namanya acara kendurian.
  4. Kapan sebaiknya kita tiup lilin? kalau temen kita sudah hampir dikeroyok masyarakat, nah, itu saatnya kita tiup lilin.
  5. dan yang lainnya
SIapa 
  1. Siapa si Keke? Hari ini kita diundang oleh Keke... benar? Kalau Anda gak kenal Keke, berarti Anda salah lantai... di atas, di lantai dua, di cafe yang agak mahalan dikit,  juga ada yang ngerayain ulang tahun.
  2. Siapa yang bikin kue ulang tahunnya si Keke? Bukan, bukan enyak saya... enyak saya mah bisanya cuma bikin bakwan sama lupis doang... ini pasti bikinan emaknya si Keke... soalnya rasanya emak banget. 
  3. Siapa yang paling memiliki kesan spesial dimata si Keke? Kamu tahu yang sampai saat ini selalu dianggap spesial oleh si Keke... ya.. betul, Martabak Bangka.
  4. Siapa aja yang diundang sama si Keke? Yang diundang si keke adalah temen-temen deketnya doang, kalau Anda merasa gak pernah diundang... mungkin Anda salah lantai, di lantai 3 ada juga yang lagi ulang tahun... dan lebih mewah pula.
  5. dan terserah Anda
Mengapa 
  1. Mengapa perlu diadakan acara ulang tahun? Bagi si Keke, ulang tahun yang ke-17 ini adalah ulang tahun yang sangat spesial... maklum ulang tahun yang terakhir... bukan... bukan ngedoain dia cepet meninggal dan cepet dikubur dan cepet ditanyain malaikat... serem ye... tapi karena katanya, besok-besok dia tinggal nunggunin aja kalian yang nraktir dia. yang penting syarat awalan dia nraktir udah terpenuhi
  2. Mengapa si Keke ngadain acara ulang tahun? Hari ini teman kita Keke ngadain acara ulang tahun... Ya iyalah, kan dia ulang tahun, masak Ulangan Bersama.Gak dateng saya.
  3. Mengapa kita harus pakai dresscode polkadot? Tahu nih, si Keke ada-ada aja... tadinya saya pakai kaos putih terus saya bolong-bolongin, jadinya kan polkadot tuh sama kulit saya... tapi akhirnya gak jadi, soalnya dipenjemin sama badutnya si Keke.
  4. Mengapa acaranya dirayain di Cafe? Soalnya, dia udah pernah kalau di KFC
  5. dan seterusnya
BAgaimana 
  1. Bagaimana perjuangan saya untuk hadir ke acara ini? Tadi saya ke sini naik becak. abang becaknya udah tua banget. Saya bilang sama abangnya, "Bang anterin, nanti kalau ada tanjakan, saya turun deh, saya bantuin dorong. Eeeeeeeee, ternyata, dari sono sampe sini tanjakan semua... saya jadi kebanyakan turun dan berdua abangnya ngedorong becak." Ini mah nganterin becak namanya.
  2. Bagaimana perjuangan Emak and Bapaknya si Keke untuk ngadain acara ini? Bapaknya, sampe kerja keras, tangan jadi kaki, kaki jadi tangan, maklum, bapaknya si Kekek pemain kuda lumping.
Nah, itu cuma contoh saja... selamat mencoba

LINK DOWNLOAD
http://downloads.ziddu.com/download/25275190/cara_membuat_naskah_adik_simba.docx.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah memberi masukan