Sabtu, 12 Juli 2014

Contoh-contoh pertemuan 3: Simposium, Diskusi Panel, Lokakarya, Serasehan

Simposium:
Dalam KBBI --> sim·po·si·um n 1 pertemuan dng beberapa pembicara yg mengemukakan pidato singkat tt topik tertentu atau tt beberapa aspek dr topik yg sama; 2 kumpulan pendapat tt sesuatu, terutama yg dihimpun dan diterbitkan; 3 kumpulan konsep yg diajukan oleh beberapa orang atas permintaan suatu panitia.

Perbedaannya dengan seminar adalah, dalam simposium biasanya tidak ada tanya jawab. Peserta hanya mendengarkan saja pemaparan para ahli.

Diskusi Panel:
Pertemuan seperti ini sering ditampilkan di televisi. Ketika beberapa narasumber dari latar belakang institusi yang berbeda saling mengajukan pendapat terhadap permasalahan yang sama. Topik yang dibahas biasanya topik yang menjadi perhatian publik (masalah sosial, hukum, politik, budaya, dsb). 

Misalnya, topik yang dibahas adalah tawuran pelajar. Maka narasumber yang diundang untuk mengemukakan pendapat misalnya; Kapolri untuk membahas tawuran pelajar dari sudut pandang kriminalitas. Menteri Pendidikan untuk membahas dari sudut pandang visi misi pendidikan dalam mencetak pelajar yang berkarakter anti tawuran. Psikolog dari sudut pandang gejolak remaja. atau bisa juga mengundang langsung orang tua dan pelaku tawuran.

Lokakarya / Workshop / Pelatihan / Training
Pertemuan ini adalah program pendidikan padat karya. Ada seorang narasumber yang akan memberikan materi yang berkaitan dengan tema. Biasanya materi yang disampaikan adalah materi yang berhubungan dengan produk. Usai memberikan materi, pengenalan bahan dan alat, cara kerja, serta tips dan trik pengerjaan, maka pemateri akan memberikat tugas kepada peserta untuk membuat produk yang harus dikerjakan saat itu juga.

Misalnya, lokakarya perakitan komputer, workshop penulisan karya sastra cerita pendek, pelatihan penulisan proposal dan surat menyurat organisasi

Serasehan
Bukan sarasehan. Adalah jenis pertemuan yang bersifat tidak resmi / formal. Kegiatan serasehan tidak terikat dengan tertib aturan pembicaraan yang ketat. Peserta bebas mengungkapkan apa yang akan disampaikan dan peserta lain pun bebas memberikan jawaban atau tanggapan.

Biasanya tema yang diusung adalah tema ringan dan santai. 

Bias
Buk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah memberi masukan