Selasa, 02 September 2014

Pembukaan MC Orkes dangdut

oleh: Hari Untung Maulana

(LINK DOWNLOAD DI BAWAH)

Saya sih belum pernah jadi MC Orkes dangdut.
Tapi, kalau cuma bikin tips-tips aja, bisa dicoba lah.....
------------------------------------------------------------------- mc orkes dangdut
Panggung berdiri megah
Para penonton sudah berdatangan
musik sudah terdengar dari CD yang disetel bagian sound.
Di atas panggung...
Peralatan orkes dangdut sudah tertata rapi
Akhirnya...
Satu per satu personil pengiring naik panggung dan menempati posisinya masing-masing
Mereka memainkan musik pembuka acara
Hanya sekadar instrumen sekalian cek sound
Penonton sudah banyak
Penonton sudah siap dihibur
Penonton pengin dihibur
dan---------------------------------------------------------------mc orkes dangdut

Acara Panggung Hiburan siap dimulai
Salah satu pendukung yang paling utama adalah MC
Acara yang bagus, penyanyi yang berkualitas, pengiring yang hebat.... hanya akan jadi hebat jika diarahkan oleh MC yang hebat.

Kita anggap, acara orkes dangdut kali ini disetting informal ya...
(lagian emang cocoknya sih enggak formal)

------------------------------------------------------------------- mc orkes dangdut

Ketika musik pembuka selesai
MC jangan masuk dulu...
Salah seorang dari MC atau bisa orang lain menyampaikan informasi dari balik panggung... dengan gayanya yang ekstravaganza...

"PARA PENONTON KONSER DANGDUT INDONESIA.....
SAMBUTLAH DUA MC FENOMENAL KITA......
BANG DIDIIIIIIII DAN MPOK RINAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!!!"

MC masuk dengan gaya yang paling tengil....

Berdiri tegap tapi santai di hadapan penonton, lalu dengan lantang namun pasti mengucapkan salam...

ASSALAMU 'ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH

Mpok Rinaaaaa!!!
Iye Bang Didiiiiii!!!
Lihat kagak Mpok... penonton Konser Dangdut Indonesia...
Kenape Bang??....\
Bejibuuuuunnnn.....

Iye bener Bang... pada semangat-semangat lagi....
Rina : Semuanye siap bergoyaaaaaaaaaaanggg???
Didi : Semuanye siap berdendaaaaaaaaang???

Rina : Kita sapa dulu Bang, penonton...
Didi : Iye, Yang dari Tangeraaaaaanggg??? (lambaikan tangan pada penonton...)
Rina : Yang dari Bekasiiiiiii??? (sama, lambaikan tangan juga)
Didi : Yang dari Jakartaaaaaaaaaa?
Rina : Kayaknya ada yang dari luar Jabodetabek juga nih Bang
Didi : Yang dari luar Jabodetabek maneeeeee?
                        (catatan: penyebutan wilayah bisa diganti nama RT, kalau acaranya emang setingkat RW)

Rina : Mantep bener Bang.
Didi : Iye, kayaknya udah pada kagak sabar nih...
Rina : Kita langsung sambut aje... penampilan pembuka dari artis papan atas ibukota....
Didi : Adeeee Rinintaaaaaaaaaa....

(Musik mengalun... Ade Rininta sudah mulai menyanyi  dari balik panggung... MC mundur perlahan)

Pembukaan yang bisa dijadikan alternatif :
1. MC berduet menyanyikan lagu dangdut yang lagi ngetrend
Rina : Memandangmu, walau selalu... Tak akan pernah beri, jemu di hatiku
Didi : Menyapamu... walau selalu... masih terasa merdu, bagai di awal jumpa
berdua : Mencari, apa yang aku cari. Merangkai rindunya hatiku....
             Bulan bawa bintang menari iringi langkahku
             Malam hadi bawa diriku berjumpa denganmu... dst
                              (Jiaaaaah lagu jadul... taunya lagu itu doank)

2. Salah seorang MC membacakan pantun dan yang lain membalasnya. topik pantun bisa tentang penonton, tentang dangdut, tentang tema acara, dll.
contoh:
Sini geser bongkar rahasia
Udara dingin menjadi hangat
Nonton Konser Dangdut Indonesia
Bikin kita jadi semangat....................................xixixixi... ini contoh doang ya

3. MC berdua juga bisa ngelawak sebentar
Didi : Selamat malam penonton... Udah ngantuk??? Lha belon juga mulai...
Rina : Lha... Biar kagak ngantuk kita kasih apa nih Bang?
Didi : Lhaaa... kita kasih gula ama kopi
Rina : Maksud Rina, kita kasih lagu apa nih Bang...............................(kagak lucu ya? Biarin... cari ndiri ya)

4. Ucapkan terima kasih pada tamu undangan
Terima kasih kita sampaikan kepada Bapak Koramil ..., Bapak Lurah..., Bapak Camat... dll atas kesediannya datang di acara Semarak 17 Agustus Desa Banjarsari.

Manajemen tiap sesi MC
Jangan monoton setiap MC ada di panggung
harus dibuat perencanaan yang matang
Jangan dibuat seketika, karena kemungkinan gagal lebih besar
kalau perlu, latihanlah

Yang dimaksud dengan tiap sesi adalah ketika MC muncul kembali di panggung usai penampilan

Alternatif yang bisa dilakukan oleh MC adalah:

1. Perkenalkan musisi yang terlibat
MC bisa memperkenalkan para pemain gitar, gendang, dll
Harus hafal, jangan baru bertanya namanya di atas panggung... bikin bete penonton

2. Mengomentari lagu yang baru dibawakan. Komentarnya bisa ttg lagu atau ttg hal yang berkaitan dengan lagu
Rina : Bang Didi, tau gak Bang... Lagu barusan mengingatkanku pada bekas mantan lho
Didi : Itu pasti lagu kenangan yeee... pas jadian?
Rina : Bukan Bang, malah pas putus Bang...
Didi : Gimane ceritanye?
Rina : Kita berdua lagi ngomong serius, pas cowok Rina mutusin Rina, eh, tetangga sebelah nyetel lagu itu kenceng banget... kesel deh.

3. Mengomentari penyanyi yang baru tampil atau yang akan tampil
Didi : Rin, tau gak yang bakal tampin setelah ini?
Rina : Siapa Bang?
Didi : Abang kasih ciri-cirinye yee
Rina : Iya Bang...
Didi : Dia terkenal tahun 1970an
Rina : Adwuh.. Rina masih di surga taon segitu mah Bang.
dan seterusnya.... bisa ngasih cuplikan lagunya, ciri fisiknya (kalau emang khas), asalnya, dll

4. Mengomentari acara
Didi: Seperti yang tadi disampaikan oleh Pak Lurah, Acara kita malam ini adalah Malam Halal Bi Halal keluarga besar RW 08. Acara kita ngangkat tema "Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh." +_+
Rina: Emang acara kita ini maksudnya ape Bang?
Didi : Maksudnye, kita sebagai warga 08 harus menjaga keutuhan dan kekompakan warga. kalau ada yang sakit kita tengokin, kalau ada yang hajatan kita bantuin, atau kalau ada yang membutuhkan, kita bantu sama-sama.

5. Libatkan penonton
Pelibatan penonton bisa dilakukan dengan cara:
             a. Beri teka-teki berhadiah ttg dangdut
             b. Ambil salah satu penonton untuk berpendapat tentang acara

LINK DOWNLOAD
http://downloads.ziddu.com/download/25272527/ORKES_DANGDUT.docx.html

5 komentar:

  1. Balasan
    1. Iya mas... Ziddu secara sepihak menutup akun saya.. padahal banyak tulisan saya nyangkut di situ... Marah juga saya.. tapi males ngelanjutin... minta emailnya deh... nanti saya kirim

      Hapus

terima kasih sudah memberi masukan