Selasa, 19 Juli 2016

Prinsip-Prinsip Pembinaan Siswa

oleh: Hari Untung Maulana

Menulis tulisan di bawah ini... seperti saya menelanjangi diri sendiri
benar-benar point-point tersebut adalah suatu idealis yang mestinya dipahami oleh semua guru.
point-point tersebut saya dapatkan dari sumber lain. Tapi penjelasannya adalah, upaya saya untuk memahami point-point yang ada


DAN MESTINYA...
HARUS SAYA PRAKTIKKAN DALAM PEMBELAJARAN

Prinsip-Prinsip Pembinaan Siswa

1. Semua siswa harus terbina (No Student Left Behind): Jangan ada yang luput dari pantauan. Satu Sukses Semua Sukses. Semua Anak Harus Meningkat Kemampuannya.


2. Setiap siswa berbeda (Individual Differences): Berarti penangannyannya berbeda. Berarti guru tidak boleh membanding-bandingkan. Pembelajaran harus beragam dan bervariasi. Pahami benar-benar kemampuan anak

3. Perlakuan pendidikan dan pengajaran harus sesuai dengan tahapan usia (Stage Development): Jangan paksa anak memahami materi di atas levelnya. Cara mengajarkan siswa TK - SD - SMP - SMA - Mahasiswa--- BERBEDA. Guru harus paham kebutuhan siswa berdasarkan usia mereka.


4. Setiap siswa tumbuh optimal melalui bakat dan pengasuhan (Nurture and Nature): Bakat dan Lingkungan memberikan kontribusi besar dalam pembentukan siswa. Ciptakan lingkungan yang mendukung bakatnya.

5. Pembinaan siswa berpusat kepada pembinaan kemampuan dan pembentukan karakter (Character and Achievement): Karakter penting - Peningkatan kemampuan juga penting. Dunia di sekitar kita keras jadi anak kita harus bisa menghadapi tantangannya, dan tugas kita mempersiapkan mereka.

6. Siswa harus tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya (Task Development): Perhatikan tumbuh kembang siswa. Baik secara fisik maupun mental. Kematangan berpikir dan kematangan fisik harus diarahkan.

BISA JADI... Anda memahaminya berbeda dengan saya. Mohon Masukannya... terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah memberi masukan