Rabu, 01 Oktober 2014

La Tamfak Kaki wal Tefuk Wanita

Ilmu Ketahuan
Sumber: Majalah HumOr November 1993

Penulis: Sabaruddin Jkt

Adat istiadat orang Arab konon rumit dan eksklusif. Jarang sekali orang dari etnis lain mampu masuk dan membaur di dalamnya (Lawrence, pahlawan Arab asal Inggris, adalah kekecualian). Apa benar ini? Jangan-jangan ini cuma rumor alias gosip. Coba bandingkan dengan "fakta-fakta" berikut ini.

1. Dimana pun Anda bertemu mereka, ucapan, "Assalamualaikum" sangat dianjurkan. Ucapan "Good pagi selamat morning" cuma dianjurkan di acaranya Kang Ebet.

2. Kalau Anda pintar membaca dan menulis Arab, Anda akan sangat disukai, apalagi kalau Anda keturunan Arab.

3. Kalau bukan muhrim, sebaiknya tidak bersentuhan secara langsung, kecuali Anda dokter atau tukang cukur. Tukang pijat, jelas prioritas utama.

4. Di hadapan mereka, untuk hal- hal yang positif, pergunakan yang kanan lebih dahulu,. Tapi kaau turun dari bus kota, kaki kiri tetap harus diturunkan lebih dahulu, jangan ditinggal di kursi.

5. Karena bulu mereka kebanyakan lebat, dalam pembicaraan sehari-hari, sebaiknya tidak menyinggung kata yang berhubungan dengan bulu. Apalagi diucapkan tanpa pandang bulu.

6. Ketika duduk melingkar di permadani, jangan sesekali menampakkan telapak kaki Anda. Akibatnya fatal: mereka bisa ngamuk besar.

7. Menepuk pantat orang lain, khususnya wanita, dianggap penghinaan besar. Bila di Amerika sudah bisa dikategorikan pelecehan susila.

8. Pada saat suami menerima tamu, berbincang bisnis, tabu besar jika istri ikut-ikutan nimbrung dan menggabungkan diri. Entahlah, kalau istri tetangga.

9. Konon, kaum prianya cenderung bangga pada keperkasaan seksnya, karena itu jika relasi Anda kebanyakan orang Arab, berjualan sate kambing, porspeknya pasti bagus.

10. Peran ayah sangat dominan. Jadi kalau perjaka mau meminang gadis, sempatkan waktu sebanyak-banyaknya utnuk "ngapeli" ayahnya lebih dahulu.

11. Perkawinan di luar suku apalagi etnis, rumit sekali aturan mainnya. Selain untuk mengamankan harta juga mengamankan kemungkinan membeli kucing dalam karung.

12. Tradisi musyawarah untuk mufakat sudah dilakukan orang Arab jauh waktu sebelum pakar manajeman mencetuskan teori brainstorming.

14. Pada prinsinya orang Arab perang, tapi juga suka damai. Bila kebetulan dapat pemimpin yang bijaksana, tak segan mengampuni dan memberi jabatan penting orang yang dulu memusuhinya.

15. Barang impor yang disukai, selain mobil BMW, juga mobil yang membawa TKW.

16. Pada saat berpisah, ucapkan, "Assalamualaikum". Tapi bila perpisahan untuk orang yang pergi selama-lamanya, ya katakan, "Innalillahi wa inn ilaihi rojiun...."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah memberi masukan