Senin, 01 Agustus 2016

Naskah Stand Up Comedy : Kerja Bakti

oleh: Hari Untung Maulana

Kerja Bakti
Terdiri atas dua kata
yaitu kerja
dan bakti

kalau tidak dua kata
berarti bukan kerja bakti
melainkan
kerja
dan
bakti

kerja bakti itu
selaras dengan identitas kita
bangsa Indonesia
yaitu
gotong royong

gotong royong
terdiri atas dua kata
yaitu gotong
dan royong

terus aja begitu, ntar juga keburu rampung kerja baktinya

Selamat malam
ceritanya saat ini nama gue Kinoy
Gue anak gang Bakti
sebelahnye gang Kerja
Suatu hari Pak RT nginpormasiin di masjid
kita warganye disuruh kerja bakti
semua harus bawa alat-alat kerja bakti
ada satu warga yang kagak bawa
begitu ditanya, "Kok kagak bawa alat apa-apa?"
dia bilang
"Bawa kok, alat kelamin."

Kegiatan kerja bakti memang mengasyikkan
kita jadi tahu karakteristik warga kampung

Ada yang tipe cinta kebersihan
Dia dateng nih,
badan kita udah belepotan tanah
eh, die dateng sambil cincing-cincing celana
takut kotor.
orang-orang pada pake kaos ama training
dia pake baju batik ama celana bahan
dikit-dikit ngelap tangannye yang kena kotoran
Kan kita kesel yak...
kita bentak aja diah...
"Elu mau kerja apa mau kondangan?"
dia jawab... dia mau kondangan..
ooo... yawdah.

Ada yang dateng cuma nonton
kagak mau kerja
ampe kerja yang gampang aja kagak mau
ceritanya kan tangan gue lagi bawa ember nih
isinya adukan semen sama pasir
dua ember di dua tangan
pan ngelewati dia nih. lagi duduk sambil nonton
Lha kan pantat gue gatel,
gue minta tolong dia garukin pantat gue aja
dia kagak mau.
emang males bener tuh orang

Ada yang kerjanya dikit
istirahatnya lama
ampe dia bilang
ayo lah kerja lagi
gue kecapekan istirahat nih....

Ada lagi yang dateng malah ngerecokin
bukannya tambah bener tuh pager malah tambah mencong
akhirnya dia dicuekin
terus dia bilang
"Gue disuruh ngapa gitu kek! Masak gue dateng didiemin..."
Kata Pak RT..
"Elu pergi aja dah, Itu udah cukup banget ngebantu kita."

Ada yang pencitraan doang
mentang-mentang gebetannya lagi bikin bakwan bareng emak-emak nyang laen
dia macul sambil senyum-senyum ke arah dapur
dia bawa semen sambil cengar-cengar ke arah dapur
dia nenteng plastik sampah sambil cengingisan ke arah dapur
Emak-emak di dapur pada cekikikan
Elo mau kerja apa mau bakwan?

Ada juga nyang tipe narsis
dateng-dateng kagak bawa pacul, malah bawa kamera
gede banget lagi tu kamera segeda gaban
dia poto-potooooo aja...
tau-tau dia masukin ke foto-foto itu ke koran
ada foto gueh

Pake baju batik, lagi garukin pantat temen gue, dan gue gak megang alat apa-apa, gue cuma senyum-senym ke arah dapur...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah memberi masukan