Selasa, 09 Desember 2014

Ginseng & Ginkang

Biar Tua Berani Perang
Oleh: Sabarudin-Jkt

Sumber: Majalah HumOr edisi No. 74
27 Okt-9 Nov 1993
Ilmu Ketahuan
Halaman 64
koleksi sendiri

            Ginseng dan ginkang adalah dua "mitos" yang membuat orang Korea (khususnya Korea Selatan) mampu melompat dalam waktu singkat dan menjadi macan Asia yang disegani. Ginseng, bukan makanan macan, tapi obat kuat. Tafsirannya bisa macam-macam: obat betulan, atau kakarter dan sikap hidup. Ginkang, gerakan melompat. Tidak bengong, tidak juga banyak omong. Tapi sebuah gerakan inovatif yang cerdik, lihai dan piawai
             Apa betul orang Korea begitu? cocokkan saja sendiri...

1 Walaupun terkenal ramah, orang Korea jarang mengobral kata: terimakasih atau minta maaf

2 Dalam banyak hal mereka jarang berterus terang atau memperlihatkan perasaannya. Termasuk pada saat geli atau bersedih

3 Di jalanan, mereka tampak acuh tak acuh. Keramahan yang sebenarnya baru tampak apabila didatangi rumahnya. Kecuali, tamu itu mau merampok



4 Keakraban mereka akan muncul kalau bertemu dengan orang yang memiliki kegemaran yang sama. Tapi buntutnya akan menjadi lain kalau keduanya mencintai orang yang sama.

5 Dalam pergaulan, mereka jarang menggunakan kata saya. Yang paling sering diucapkan adalah: kami. Jadi jangan punya prasangka macam-macam, kalau suatu saat ada yang bilang: istri kami

6 Sistem senioritas tetap diutamakan. Apa pun yang terjadi, yang tua harus didahulukan. Termasuk bila negara dalam keadaan bahaya: yang tua-tua harus maju perang lebih dulu.

7 Karena adat istiadatnya sangat ketat, istri orang-orang Korea terkenal sangat setia kepada suami. (Catatan: bukan suami orang lain!)

8 Terhadap kolega atau kawan berbisnis, mereka percaya tanpa reserve. Kuitansi atau segel perjanjian nyaris tidak dibutuhkan sama sekali.

9 Di sisi lain, mereka sangat memberhalakan formalitas. Tak aneh, aklau mereka lebih menghargai pedagang asongan yang pakai dasi ketimbang konglomerat yang pakai celana butut

10 Pada saat makan, mereka sering menggunakan sumpit dan sendok sekaligus. Bahkan kalau lagi iseng, mereka tak segan memakai sendok, garpu, sumpit, pisau, dan golok sekaligus.

11 Dalam perjamuan, berakhir mabuk, adalah hal yang lumrah. meski begitu, semabuk-mabuknya mereka nyaris tidak pernah mengganggu orang lain.

12 Di bar atau karaoke, menyanyi adalah wajib. Tapi, ketika ditawari, mereka harus pura-pura menolak lebih dahulu

13 Seperti halnya di sini, mentraktir teman bagi orang Korea adalah suatu yang membanggakan. Kalau kebiasaan Anda bokek, memiliki banyak teman orang Korea, sungguh langkah yang bijaksana.

14 Mungkin agak berbau feodal, tapi begitulah: bila masuk rumah orang Korea, mencopot sandal atau sepatu sangat diwajibkan

15 Angka 4 nyaris tidak dipergunakan di Korea. Karena ucapan "empat" dalam bahasa Korea sama artinya dengan "kematian". Jangan heran bila di korea: 2+2=8, bukan 4!

16 Di pemandian umum atau sauna, saling menggosok punggung bagi yang tidak saling kenal adalah hal yang lumrah. Syaratnya harus sejenis dan tidak panuan!

+ kehidupan orang korea
+ kebiasaan korea
+ tradisi korea


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah memberi masukan