Minggu, 14 September 2014

Sleeping Byuh Byuh Byuh


ditik ulang dari majalah sendiri
HumOr No 76
24 November-7 Desember 1993

Orkes (mengorkeskan olahraga mengolahragakan orkes)

Oleh: H. Minarto

Mimpi itu bunga tidur. Tidur itu bunga budi. Budi itu berkaitan dengan: ini Budi, itu ibu Budi, itu ayah Budi dan seterusnya. Posisi tidur, mencerminkan watak dan perilaku seseorang. Watak dan perilaku mengindikasikan “mutu” kesehatan jiwa-raga seseorang. Teliti tanda-tanda berikut ini, dan jangan percaya pada isinya.



Meringkuk 
Disebut juga sikap janin atau udang galah: kurang bisa memikul tanggung jawab. Suka bergantung pada orang lain. Kalau tak ada yang mau digantungi, apa harus menggantung diri? Tidak, dong. Dunia tidak sepanjang celana kolor.


Tiarap 
Sering cemas dan takut akan masa depan. Biasanya tentara yang suka melakukan ini, kebiasaan di medan perang. Wajar, kan?


Telentang 
Demawan dan murah hati. Orangnya terbuka dan suka member nasihat. Tanggungjawabnya besar. Tapi hati-hati ada saja orang yang memanfaatkan kebaikannya.


Bersilang Tangan dan Kaki 
Introvert, tertutup, dan posesif. Jangan suka mengungkit-ungkit masa lalunya. Apalagi masa depannya, yang ia sendiri masih pesimis.


Diagonal 
Atau posisi tidur menyerong di ranjang, menunjukkan ia siap sealu menghadapi masalah. Meski kadang juga terkesan serakah dan boros.


Kaki menggelantung sebelah 
Setiap saat siap lari. Termasuk lari dari tanggungjawab. Konon tuan-tuan maling suka tidur dalam posisi ini. Kapan saja digerebek, langsung lenyap.


Berputar 
Mau tidur kepala di selatan, bangun tidur kepala di utara. Kepala selalu piknik. Sering pusing dan agak kurang waras. Ia sering menganggap dirinya jarum jam!


Miring kiri-kanan 
Gemar srong dan hobi maker. Tidak jujur dan agak ekstrem. Kalau jadi anak buah ingin mengkudeta pemimpinnya, kalau jadi pemimpin ingin dikudeta bawahannya.


Kepala terjulur ke bawah 
Pesimistis, mudah stress. Inginnya bunuh diri. Fantasinya aneh-aneh. Anehnya, ia hamper selalu bisa mengatasi masalahnya.


Posisi tanda tanya 
Tak pernah percaya pada orang lain. Rasa ingin tahunya besar. Sok tahunya, apalagi. Konon, para wartawan suka tidur dalam posisi ini.


Gigi main keroncong 
Rame, walaupun tak ada yang nanggap, giginya tetap on air dan berkerut-kerut. Darahnya panas, gampang marah tapi juga gampang cair. Suka pamer, bahwa dia punya gigi.


Mengorok 
Egois dan tak peduli pada orang-orang di sekelilingnya. Tapi juga pertanda lagi punya masalah “besar” yang membebani pikirannya. Misalnya, kenapa ngorok padahal maunya nyanyi.


Tidur sambil berdiri 
Menyukai hal-hal yang erotis. Mudah terangsang. Mata keranjang, kalau cowok. Mata duitan, kalau cewek. Matahari, kalau siang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah memberi masukan