Sabtu, 12 Juli 2014

Contoh-contoh pertemuan 2 : musyawarah, konferensi, seminar

musyawarah / perundingan / perembukan:
Model rapat ini sangat mengedepankan sifat mencari mufakat atau kata sepakat. Menghindari sebisa mungkin pengambilan suara/votting. menekankan pada perundingan untuk menghasilkan keputusan yang disepakati oleh seluruh peserta musyawarah (suara bulat).
Musyawarah nasional adalah musyawarah yang diadakan oleh sebuah organisasi yang peserta musyawarah tersebut berasal dari perwakilan berbagai cabang pengurusan daerah.
Musyawarah besar adalah musyawarah yang diikuti oleh semua unsur organisasi

Kata musyawarah sendiri berasal dari bahasa Arab yaitu 'syawara' yang artinya adalah berembuk atau berunding.

konferensi / kongres / muktamar / rapat besar
dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring tertulis:

kon·fe·ren·si /konferĂ©nsi/ n rapat atau pertemuan untuk berunding atau bertukar pendapat mengenai suatu masalah yg dihadapi bersama; permusyawaratan; muktamar: -- Wartawan Asia Afrika akan segera diselenggarakan; 
-- pers pertemuan pers yg diadakan oleh seorang tokoh untuk memberitahukan hal yg penting di hadapan wartawan dan utusan kantor berita untuk disebarluaskan melalui media massa; me·ngon·fe·ren·si·kan v mengajukan atau menjadikan topik dl konferensi

Konferensi tidak terjadi dalam satu institusi atau satu organisasi. Konferensi dilaksanakan oleh banyak organisasi atau banyak negara yang memiliki permasalahan yang sama. Misalnya, Konferensi Asia Afrika, dilaksanakan oleh negara-negara di Asia dan Afrika untuk membicarakan satu tujuan yaitu mempromosikan kerjasama ekonomi dan kebudayaan Asia Afrika dan melawan bentuk-bentuk penjajahan dari negara-negara kolonialisme dan neokolonialisme.

seminar
Ada dua pengertian seminar:
1. Seminar = kuliah kerja. Bertemunya mahasiswa dengan bimbingan dosen pembimbing. Sang mahasiswa melaporkan perkembangan atau hasil studinya yang kemudian didiskusikan.
2. Pertemuan sekelompok atau individu pembicara. Biasanya pembicara adalah orang yang berkompeten dengan materi yang dibahas atau dibicarakan. Sang pembicaranya biasanya mengajukan makalah atau prasaran.

Kegiatan seminar sangat jamak dilaksanakan oleh institusi-institusi untuk menambah pengetahuan anggota. Ada seorang moderator pada seminar yang bertugas mengarahkan kegiatan seminar. Biasanya setelah narasumber memberikan makalah diikuti dengan sesi tanya jawab anatar narasumber dengan peserta seminar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah memberi masukan