Jumat, 06 Juni 2014

Tips Manajemor 1: Nasihat Sehat untuk Bos Sehat

Tips Manajemor
ditik ulang dari majalah humor koleksi sendiri
No. 135
11-24 Mei 1996
Halaman 98

NASIHAT SEHAT UNTUK BOS SEHAT
oleh: Saiman

(APA-APA yang diucapkan orang besar (terkenal) kadangkala sering dijadikan bahan kajian. Tak jarang, mencermati ucapan tokoh-tokoh terkenal, membuat kita makin mengerti akan sesuatu. Bila kebetulan Anda jadi pimpinan atau bos, tak ada salahnya membaca kembali apa-apa yang pernah diucapkan oleh tokoh-tokoh di bawah ini. Artikan sendiri. Sebab, arti-arti yang ada di sini, cuma alat bantu saja.)

01. KEPEMIMPINAN DAN KEGIATAN BELAJAR ITU TIDAK DAPAT DIPISAHKAN SATU SAMA LAIN (Jhon F. Kennedy)
Kalau seorang pemimpin tidak mau belajar memimpin, maka yang dipimpin pun tidak merasa ada yang memimpin. Sebaliknya, kalau belajar memimpin, tapi tidak ada yang dipimpin, kayaknya nggak seru juga.

02. JIKA ANDA DITANYA BISA ATAU TIDAK MENGERJAKAN SESUATU, JAWAB SAJA, SUDAH BARANG TENTU SAYA BISA! SETELAH ITU BEKERJA KERAS DAN BELAJARLAH UNTUK MEMBUKTIKANNYA (Theodore Roosevelt)
Paling tidak, Anda sudah puya backup, yang siap melaksanakan hal-hal yang semula Anda sanggupi. Yang penting, kepercayaan orang harus dimulai sejak pembicaraan awal.

03. CURIGAILAH BAWAHAN ANDA YANG TIDAK PERNAH MEMILIKI KESALAHAN ATAU MASALAH DENGAN ATASANNYA (John F. Collins)
Jangan-jangan bawahan tersebut tidak punya atasan. Atau atasan yang Anda maksud tidak membawahi bawahan yang tidak bermasalah. Boleh juga, memang sebenarnya tidak ada masalah yang sampai ke bawah-bawah. Jadi, jangan juga terlalu jadi masalah bagi Anda.

04. SEORANG PEMIMPIN HARUS SANGGUP MENATAP MATA ORANG YANG DIBERHENTIKANNYA, SEKALIPUN DALAM WAKTU BERSAMAAN MATANYA SENDIRI MENETESKAN BUTIR-BUTIR AIR KESEDIHAN (James Stockdale).
Akan lebih dramatis lagi, kalau adegan ini juga dilengkapi dengan uluran tangan Anda yang memegang amplop pesangon tiga tahun gaji plus piagam penghargaan.

05. KITA HARUS SENANTIASA BERSATU DAN BEKERJA SAMA. KALAU TIDAK, KITA AKAN TUMBANG SATU DEMI SATU DAN MASUK KE LIANG KUBUR YANG SAMA (Benjamin Franklin).
Kesimpulannya, sebelum ke liang kubur sama-sama, mendingan makan siang sama-sama . Bagi-bagi bonus, sama-sama.

06. DI ATAS BOS MASIH ADA BOS (Belum ditemukan siapa yang pertama kali ngomong begini)
Pengertiannya secara luas adalah: Setinggi-tingginya Anda, kalau mengikat tali sepatu tetap saja harus membungkuk.

07. SAUDARANYA BOS KADANG LEBIH NORAK DARI BOS YANG SEBENARNYA (Sedang dilacak pencetusnya)
Sebab, kalau sudah jadi bos betulan, dia enggak sempat sombong lagi, kali. Untuk itulah, diperlukan latihan sombong yang baik dan benar. Supaya sombongnya nampak tidak sombong. Lho?

08. BAWAHAN YANG GAJINYA LEBIH BESAR DARI BOS BIASANYA MUDAH KENA PENYAKIT (Wong Gen Dheng)
Minimal penyakit bingung plus nggak percaya diri. Opo tumon!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah memberi masukan