Jumat, 07 Maret 2014

Teater untuk Sekolah Dasar 2

oleh: Hari Untung Maulana

di bawah ini beberapa ide alur naskah drama untuk siswa SD (guru bikin sendiri ya...)

Teater untuk Sekolah Dasar 2
1. Seorang siswa SD (A) duduk sendirian, uangnya hilang. anak yang lain (B) menghampiri, menanyakan, dan memprovokasi kalau si (C) yang mengambil karena tadi si C ada di kelas. C datang. si B menanyakan uangnya. C tidak mengaku. lalu datang si D bilang kalau ada uang di buku pengetahuan yang tadi dipinjam. mungkin uang si A terselip. A dan B meminta maaf pada si C. dimaafkan. si B menasihati A dan B.

Teater untuk Sekolah Dasar 2
2. Siswa A bertemu siswa B di sebuah kelas. Mereka memperbincangkan tentang keadaan bu guru yang sedang sakit. Mereka berdua berniat untuk menjenguk Bu Guru. C datang. A dan B memberitahukan niat mereka. C tidak setuju. menurutnya bu guru galak. enggak usah di tengok. A bertanya mengapa bu guru dianggap galak. C bilang pernah diomelin. B bertanya kapan? C menjawab waktu ia ketahuan menyontek. A bilang itu bukan ngomelin tapi menasihati. itupun karena si C salah. akhirnya mereka bertiga sepakat menengok bu guru.
\
Teater untuk Sekolah Dasar 2
3. Anak A duduk sendirian dia tampak sedang menggambar. lalu datang B bertanya kenapa sendirian. A bilang kalau ibunya besok ulang tahun. dia ingin sekali memberi hadiah untuk ibunya. tetapi tidak punya uang. B melihat gambaran anak A. lalu B memuji gambaran A. datang anak C, ditangannya ada kertas-kertas bekas. C menyapa A dan B. C bertanya sedang apa. A kembali menceritakan kisahnya. C mengangguk. B bertanya. kertas apa yang dibawa C. C bilang kelasnya baru membuat mading kelas. itu kertas karton sisa. mau dibuang. B usul ke A, bagaimana kalau hadiahnya membuat saja. B bilang A jago gambar. jika ditambah dengan kertas warna warni pasti bisa membuat kartu ucapan yang menarik. A setuju. C juga lalu memberikan kertas tersebut pada A.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah memberi masukan