Sabtu, 30 Januari 2016

Daftar Tanggal Penting Hari Besar Nasional dan Mengapa begitu? Januari

oleh: Hari Untung Maulana

Tadi pagi ngajar anak-anak tentang biografi tokoh.
Tentang tokoh-tokoh yang menjadi inspirator bangsa.
Sampai pada halaman buku siswa kurtilas (Kurikulum Tiga Belas) tentang Ki Hajar Dewantara
Anak-anak baru tahu... kalau Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tanggal 2 Mei, diambil dari hari kelahiran Ki Hajar Dewantara.
Saya sempat kaget, satu kelas 30 anak, berasal dari berbagai sekolah di seluruh punjuru Indonesia (anak-anakku berasal dari banyak provinsi dan negara), mereka tidak tahu alasan penunjukan tanggal 2 Mei yang merupakan Hari Pendidikan Nasional berasal dari tangal kelahiran.

Untuk lebih meyakinkan diriku,
saya tanya ke mereka, "Memangnya kamu di SD tidak diberitahu?"
Kompak mereka menjawab..."Tidak tahu."

Saya tes lagi....
kalau hari guru berasal dari apa?
sekali lagi merka menjawab tidak tahu...

Postingan kali ini terinspirasi dari mereka
berniat sekadar mencari data untuk anak-anakku
agar mereka tidak melupakan sejarah.

JANUARI
3 Januari : 
(1) Hari Amal Bhakti Departemen Agama -- Alasan; 3 Januari adalah hari lahirnya (dibentuknya) Departemen Agama, tepatnya 3 Januari 1946. Saat itu, Indonesia baru saja merdeka di Agustus 1945. berarti, hanya berselang 5 bulan, pemerintahan Indonesia, membentuk Departemen Agama.

Terakhir, Kemenag saat itu, Suryadharma Ali (2009-2014) mencanangkan tanggal 3 Januari sebagai (2) Hari Kerukunan Nasional.

5 Januari :
Hari Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL) -- Alasan : Hari itu, 5 Januari 1963, 12 Anggota KOWAL yang pertama dilantik di Jakarta.

10 Januari :
Hari  Sejuta Pohon Sedunia. Tidak hanya Indonesia yang merayakan hari ini. Maunya tidak hanya sekadar seremonial. tetapi juga melakukan aksi nyata memperbaiki lingkungan. menanam pohon dan merawatnya, Berangkat dari sebuah alasan... bumi makin gersang.

25 Januari
Awalnya adalah dengan adanya pendirian Sekolah Juru Penerang Makanan, pada tanggal 26 Januari 1951. Sekolah tersebut dimaksudkan untuk menyiapkan tenaga-tenaga terlatih sebagai tenaga gizi Indonesia. Berdasarkan kesepakatan, akhirnya ditetapkan tanggal 25 Januari sebagai Hari Gizi. Lantas, mengapa bukan tanggal 26 Januari. Entahlah, mungkin pas tanggal 25 rapat koordinasi pembentukannya, tanggal 26 pendiriannya. mungkin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah memberi masukan