Jumat, 20 Februari 2015

Contoh kalimat pembuka diskusi

Seorang moderator, harus dapat menjadi pemimpin diskusi yang baik. sebelum memulai, tentu diperlukan kata-kata 'sakti' sebagai pembuka diskusi. Di bawah ini beberapa contohnya


satu (perkenalan moderator)
Assalamu 'alaikum wr. wb.
Alhamdulillah kita semua dapat berkumpul di sini. Dalam rangka mendiskusikan masalah peredaran narkoba yang sedang marak di daerah kita. Sebagai ketua RT, saya merasa masalah ini tidak hanya menjadi masalah saya semata. Namun, juga menjadi masalah bagi ratusan ayah dan ibu yang ada di wilayah kita. Saya memiliki tanggung jawab besar menyelamatkan generasi muda RT 20 dari telaga setan narkoba.

dua (ucapkan terima kasih)
Assalamu 'alaikum wr. wb.
Terima kasih atas kehadiran teman-teman dalam diskusi kita yang bertema "Rokok dan Remaja." Sebelum berdiskusi lebih lanjut, saya akan sedikit membeberkan, alasan kita mendiskusikan tema ini. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, jika dibandingkan dengan bir yang sudah diharamkan, rokok ternyata lebih banyak mengandung bahan-bahan berbahaya. Diskusi kita kali ini, akan membahas fenomena rokok pada remaja Indonesia.

tiga (cerita pengantar diskusi)
Assalamu 'alaikum wr. wb.
Beberapa hari yang lalu, saya kedatangan tamu yang membawa seorang anak penderita autis. Meski anak itu terlihat aneh, namun ketika dia mulai mengajari saya tentang hadist dan Alquran, saya merasa rendah dibandingkan dirinya. Tidak jauh dari tema Autis, sengaja kita berkumpul di sini, untuk berdiskusi tentang cara yang tepat menangani anak berkebutuhan khusus terutama autis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah memberi masukan