Sabtu, 06 Februari 2016

Tips Membahas Soal UN agar Tidak Membosankan

oleh: Hari Untung Maulana

Nahlo.... kan... jadi ide kan...
Tadi ada yang sms, mo nge-share tulisan saya..
saya tanya... tulisan yang mane?
kata beliau sih... yang ada di blog... biar pas ngebahas soal-soal UN.. anak-anak enggak pada borring..

pikir...pikir...pikir...
tulisan yang mane ye?
perasaan belon pernah nulis tentang "Tips Membahas Soal UN agar Tidak Membosankan"
Apa sayanya yang lupa..
emang yang mana sih?

akhirnya dengan sejuta pertimbangan

saya putuskan buat jadi tulisan perdana saya di bulan Februari 2016 ini...

Tips Membahas Soal UN agar Tidak Membosankan

Memang sih, ketika kita ditugaskan menjadi guru bahasa Indonesia di kelas 9 ataupun di kelas 12, maka, hari-hari kita akan diisi dengan : ----bahas soal----bahas soal----bahas soal----

hari ini ngerjain soal...besok bahas soal...
hari ini TO--- besok dibahas soal TO-nya---

kemungkinan siswa dan guru bosan tentu saja terjadi..
apalagi soal bahasa Indonesia tuh begitu banget deh...
Bisa jadi pencetus perang dingin...

anak-anak jawab A... guru maunya B.... ----TIDAK BISA DIGANGGU GUGAT---
Anak-anak pasrah. MULTITAFSIR BANGET soalnya. POLIINTERPRETATIF

Jadi biar gak bosen pas bahas soal UN... ini ada beberapa tips dari saya:

1. GURU HARUS SUDAH MANTAP DENGAN SEMUA JAWABAN

Memberi jawaban bahasa Indonesia keanak-anak beda banget sama ngasih jawaban matematika ke anak-anak....

Guru matematika cuma butuh ngerjain sesuai rumusnya terus bilang "Jawabannya A."

Selesai... anak-anak terima... tanpa basa-basi...tanpa menggugat

Lha guru bahasa Indonesia....

Udah dikasih tahu cara mencarinya, udah dikasih tahu jawabannya yang B... tetep ajah tuh.. anak-anak nuntut kita untuk menjelaskan kenapa bukan A, kenapa buka C, dan kenapa bukan D.

Jadeeeeeeee.... kalau guru matematika cuma butuh semenit buat menjelaskan 1 soal.
guru bahasa Indonesai butuh 4 menit buat menjelaskan kenapa tidak memilih poin jawaban yang lain.

Contoh:
Udah jelas nih... jawabannya A. Yaitu legenda... anak-anak masih tanya... emangnya B. Fabel apaan Pak? C. Mitos apaan Bu?, D. Dongeng apaan Pak?

Jadi... biar kelasnya hidup dan enggak nge-BT-in... guru harus sudah mengerjakan / mencari alasan atas semua point isian.

2. BUAT BANK SOAL YANG SISWA BANGET

Memang sih, sudah banyak buku-buku kumpulan soal UN yang beredar di Indonesia, tapi akan jadi yang "sesuatu" banget kalau guru bisa memberikan soal yang "anak-anak" banget...

caranya gampang... buat aja bank soal di komputer
tik sendiri...
ganti nama-nama tokoh jadi nama anak-anak yang ada di kelas
kan mantap tuh. setiap sebelum ngeprint and ngegandain.... di edit dulu jadi nama anak-anak yang boringan... dijamin dah... suasana kelas jadi agak seger...
anak-anak bakal nunggui soal-soal kita... siapa lagi yang bakal keluar

3. SELINGI DENGAN MOTIVASI

Anak-anak kelas 6 SD atau 9 SMP atau 12 SMA tuh lagi butuh-butuhnya motivasi
Mereka masih merasa ketakutan dengan kemampuan mereka menghadapi Ujian Nasional
Enggak ada salahnya... Pas ngasih pembahasan soal... kita memberikan motivasi.

Beberapa motivasi yang bisa disampaikan di sela pembahasan soal:
1. Penguatan tuk semangat menghadapi UN
2. Penguatan tuk beribadah dan berdoa memohon kelancaran dan kesuksesan UN
3. Motivasi tuk sekolah selanjutnya (ke SMP atau SMA atau Universitas)
4. Menyampaikan manfaat (di dunia nyata) mempelajari materi yang sedang dibahas.
5. Motivasi tuk meminta maaf pada orang tua, guru, teman, tetangga, dll agar menjadi sarana mempermudah pengerjaan UN
6. Informasi tentang cara belajar efektif menghadapi UN
7. Informasi tentang pelaksanaan UN (sekilas gambaran pelaksanaan UN di sekolah)
8. Informasi tentang kondisi sekolah selanjutnya...misalnya menceritakan tentang kehidupan SMA ke anak-anak SMP.
dll...

Semenara tiga dulu ya... kalau ada lagi ntar ditambahin deh... atau pembaca ada usul?

1 komentar:

  1. Merkur 15c Safety Razor - Barber Pole - Deccasino
    Merkur 15C https://sol.edu.kg/ Safety Razor - Merkur https://deccasino.com/review/merit-casino/ - communitykhabar 15C for Barber Pole is the 바카라 사이트 perfect introduction to the Merkur Safety gri-go.com Razor.

    BalasHapus

terima kasih sudah memberi masukan