Jumat, 16 Oktober 2015

Contoh Soal Paragraf Deduktif Paragraf Induktif



 TENTUKAN KE DALAM BAGIAN DEDUKTIF ATAU INDUKTIF (lingkari jawabanmu)


Rumah itu sangat indah dan asri. Sebuah taman kecil menghampar di halaman depannya. Beberapa pohon buah turut memberikan keteduhan. Sebuah saung kecil berdiri malu-malu dipojok taman. Tak kalah, sebuah kolam berisi ikan menyuguhkan suara gemericik air khas sungai pedesaan.
DEDUKTIF        INDUKTIF

Kamu malas beribadah? Mendadak jadi seseorang yang dapat memberikan pengobatan? Kamu sering merasakan pusing dan leher terasa kaku? Atau, kamu terasa mengantuk saat dzikir, tilawah, dan ikut pengajian? Hati-hati, bisa jadi kamu sedang dalam gangguan jin.
DEDUKTIF        INDUKTIF

Upaya penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan yang berbuntut pekatnya kabut asap, masih terus dilakukan. Mulai dari mendatangkan bom air dari negara-negara maju hingga melakukan operasi pemadaman dari darat. Untuk seluruh penanggulangan tersebut, lanjut Sutopo, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menghabiskan dana sebesar Rp 500 miliar.
DEDUKTIF        INDUKTIF

Pada Sabtu (10/10) lalu, dua bom yang hanya berjarak hitungan detik meledak di Ankara dengan terget aktivis pro Kurdi dan kelompok sipil di dekat stasiun kereta api utama Ankara. Sedikitnya 97 orang tewas akibat ledakan itu. "Itu pasti bom bunuh diri, saat ini tes DNA sedang dilakukan. Kami sudah hampir mendapatkan nama yang merujuk ke satu kelompok," ujar Davutoglu.
DEDUKTIF        INDUKTIF

Helikopter yang dinyatakan hilang kontak, Minggu (11/10/2015) pukul 11.50 WIB di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara saat akan menuju Bandara Kualanamu, diduga jatuh di Danau Toba. Hal itu atas kesaksian beberapa masyarakat Kecamatan Onanrunggu, Kabupaten Samosir yang sedang memancing di Danau Toba.
DEDUKTIF        INDUKTIF
Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang banyak digemari di dunia, khususnya di Indonesia. Ikan ini banyak penggemarnya karena memiliki kelebihan di bagian dahi yang jenong dan sisiknya yang indah. Namun, jika kita tidak dapat merawatnya dengan benar, maka kelebihan ikan louhan belum tentu muncul.
DEDUKTIF        INDUKTIF

Memelihara ikan di dalam akuarium sangat berbeda dengan ikan yang hidup di alam bebas. Ikan yang ada di alam bebas mendapatkan udara atau oksigen lebih banyak dibandingkn dengan ikan yang dipelihara di dalam akuarium. Oleh karena itu, ikan yang dipelihara di dalam akuarium memerlukan bantuan alat untuk menyuplay oksigen. Alat yang dapat digunakan untuk menyuplay oksigen ke dalam akuarium adalah Aerator atau pompa udara.
DEDUKTIF        INDUKTIF

Jika kita salah memberikan makanan kepada kucing peliharaan, maka kucing peliharaan kita bisa terkena penyakit. Bulu si kucing juga bisa rontok karena makanan. Selain itu, kelincahan dan sorot matanya juga akan terganggu. Oleh karena itu, kucing peliharaan kita perlu diberikan makanan yang menyehatkan, baik makanan alami maupun makanan pabrikan.                                                                                       DEDUKTIF        INDUKTIF

Pemerintah Kota Bandung kembali mendapat dana hibah dari luar negeri. Kali ini, giliran Yayasan Bloomberg dari Inggris yang menggelontorkan sejumlah uang untuk membantu perbaikan lalu lintas atau safety road di Kota Bandung.  Wali Kota Bandung Ridwan Kamil membenarkan kabar itu. Terkait kesepakatan dengan Yayasan Bloomberg, pria yang akrab disapa Emil itu bakal berangkat ke Inggris pada akhir pekan ini.                                                                                                                                                 DEDUKTIF        INDUKTIF

Hayo, siapa yang nggak kenal Minions? Karakter kuning menggemaskan yang filmnya booming di tahun 2010 dan 2013. Bahkan karena kesuksesan filmnya, kita masih bisa menemukan figur karakter ini dimanapun ; boneka, gantungan kunci, tas, dan masih banyak lagi. Yang mungkin kalian belum tahu adalah fakta bahwa arsitek di balik kelahiran Minions merupakan seorang pria berdarah Indonesia, Pierre Coffin.
DEDUKTIF        INDUKTIF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah memberi masukan